Menteri Jonan Jajal Motor Listrik Buatan Anak Bangsa

Oleh Sunariyah pada 20 Okt 2017, 07:27 WIB
Diperbarui 20 Okt 2017, 07:27 WIB

Fokus, Jakarta - Satu lagi hasil karya anak bangsa yang mampu menciptakan terobosan baru. Kali ini sejumlah mahasiswa dari Institut Teknologi Surabaya 10 November berhasil membuat sepeda motorĀ  berdaya listrik.

Seperti ditayangkan Fokus Pagi Indosiar, Jumat (20/10/2017), sepeda motor listrik tersebut dinamakan Gesit. Bentuknya sporty dengan bahan bakar baterai Lithium-Ion berkekuatan 5 kilowatt. Dengan tenaga tersebut, putaran mesin bisa mencapai 3000 rpm serta memiliki kecepatan mencapai 100 kilometer per jam.

Menteri ESDM Ignasius Jonan sempat mencoba motor listrik tersebut, sebelum dinyatakan layak untuk dipasarkan. Jonan mengatakan, pemerintah akan mendukung sepeda motor listrik itu asal harga yang dijual bisa bersaing dengan sepeda motor lainnya di pasaran

Agar memudahkan konsumen mengisi ulang baterai motor, produsen sepeda motor itu akan bekerjasama dengan PT PLN dan Pertamina. Nantinya pemilik motor listrik tidak perlu lagi mengisi daya, tetapi cukup menukarkan baterai yang telah habis dengan yang masih terisi penuh.