Sukses

Diguyur Hujan Deras, Sejumlah Kawasan di Jakarta Banjir

Sejumlah kawasan di Ibu Kota macet akibat banjir dari luapan sungai dan saluran air yang tersumbat.

Fokus, Jakarta - Hujan deras yang mengguyur Ibu Kota Jakarta, menyebabkan sejumlah kawasan dilanda banjir. Di Cilandak dan Petogogan, puluhan rumah terendam banjir akibat meluapnya Kali Krukut. Sementara di kawasan Cawang, Jakarta Timur, terjadi kemacetan panjang akibat sejumlah ruas jalan tergenang air. 

Seperti ditayangkan Fokus Pagi Indosiar, Jumat (20/10/2017), komplek Perumahan Jalan Mutiara, Cilandak, Jakarta Selatan, terendam banjir. Ketinggian air mencapai 50 cm hingga 1 meter. Banjir terjadi akibat meluapnya Kali Krukut setelah diguyur hujan deras sejak siang hari. Sedikitnya delapan rumah di kawasan ini terendam banjir. Sejumlah mobil yang melintas di kawasan tersebut harus berjalan pelan. Beberapa di antaranya bahkan memilih mencari alternatif jalan lain.

Luapan Kali Krukut juga mengakibatkan puluhan rumah di  petogogan tergenang hingga  50 cm. Namun warga masih bertahan di rumah masing-masing. Warga hanya memindahkan kendaraannya ke tempat yang lebih tinggi. Mengingat kondisi cuaca yang masih diguyur hujan, warga khawatir banjir akan semakin bertambah. Warga berharap, gubernur yang baru dapat mengatasi banjir di kawasan ini yang selalu terjadi jika hujan lebat.

Sementara Jalan Taman Mini, kawasan Ciracas, Jakarta Timur, juga tergenang air hingga 40 cm. Banjir diduga akibat saluran air yang tidak mampu menampung curah hujan lebat sepanjang siang. Karena itu kendaraan harus melintas pelan, khawatir mogok. Akibatnya, terjadi kemacetan panjang di kawasan Cawang. Sejumlah kendaraan bahkan nekat masuk ke jalur bus Transjakarta.