Sukses

Dampingi Gus Ipul di Pilkada Jatim, Anas Ziarah Makam Bung Karno

Anas berziarah didampingi Wali Kota Blitar Samanhudi dan Bupati Blitar Rijanto.

Liputan6.com, Jakarta - Setelah terpilih menjadi Calon Wakil Gubernur (Cawagub) Jawa Timur dari PDIP, Abdullah Azwar Anas, berziarah ke makam Presiden pertama Sukarno di Blitar, Rabu (18/10/2017).

Berkemeja batik merah, Anas berziarah didampingi Wali Kota Blitar Samanhudi dan Bupati Blitar Rijanto.

"Ini kunjungan pertama kami setelah kemarin ditugaskan untuk mengikuti proses politik di Jawa Timur. Penting bagi kita semua untuk menyerap inspirasi dari Bung Karno," ujar Anas di sela ziarahnya. 

Menurut dia, sebagai proklamator kemerdekaan RI, Bung Karno berjasa besar dalam perjuangan merebut kemerdekaan. Dia juga mengaku mendapat pelajaran penting dari perjalanan hidup Bung Karno.

"Beliau bukan hanya berjasa dalam proses kemerdekaan Indonesia, tapi juga membangun paradigma bagaimana kita berpikir sebagai sebuah bangsa," ucap Bupati Banyuwangi itu.

Anas menambahkan, kegiatan ziarah ke makam pahlawan perlu dilakukan masyarakat. Anas bercerita, di wilayahnya, Banyuwangi, dia membuat program Ziarah Kebangsaan.

Melalui program itu, Azwar Anas memberangkatkan sejumlah pelajar secara berkala berziarah ke makam Bung Karno.  

"Kita ingin anak-anak muda meneladani Bung Karno. Itu menjadi bekal untuk membentuk sikap berkebangsaan, menjadikan mereka anak muda yang siap menjaga negeri kita sebagai rumah yang ramah bagi kemajemukan," kata Anas.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Serap Aspirasi

Kesempatan di Blitar juga dimanfaatkan Azwar Anas untuk mencari masukan dan menyerap aspirasi dari para tokoh dan kepala daerah. 

"Seperti program-program Pak Samanhudi ini bagus, beliau punya concern di bidang pendidikan dan ekonomi kerakyatan. Pak Rijanto juga dikenal mampu memajukan ekonomi Blitar. Saya meminta masukan dari beliau berdua, termasuk untuk perbaikan di Banyuwangi," ucap Anas.

Wali Kota Blitar yang juga ketua DPC PDIP Kota Blitar, Samanhudi, menyambut baik kedatangan Anas.

Bersama para kader, PDIP Kota Blitar siap menyukseskan pasangan Saifullah Yusuf (Gus Ipul) dan Anas dalam Pilgub Jatim mendatang. "Kami siap mendukung, dan pasti bekerja secara sistematis untuk mengamankan rekomendasi partai," ujar Samanhudi.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.