Sukses

Sekda Jadi Pejabat Sementara DKI Sebelum Anies-Sandi Dilantik

Djarot akan habis masa jabatannya pada 14 Oktober 2017, tapi Anies-Sandi baru akan dilantik pada 16 Oktober.

Liputan6.com, Jakarta - Pelantikan Gubernur dan Wakil Gubernur terpilih DKI Jakarta, Anies Baswedan dan Sandiaga Uno, akan dilaksanakan di Istana Negara pada pukul 16.00 WIB, Senin 16 Oktober 2017.

Ditjen Otonomi Daerah Kemendagri Sumarsono mengatakan pelantikan dilakukan langsung oleh Presiden Joko Widodo.

"Pelantikan Anies-Sandi tanggal 16 pukul 16.00 di Istana oleh Presiden," kata Sumarsono saat dihubungi di Jakarta, Rabu (11/10/2017).

Masa aktif Gubernur Djarot Saiful Hidayat akan berakhir pada 14 Oktober. Maka pada 15 Oktober hingga 16 Oktober sore, Sekretaris Daerah Saefullah menjadi Pelaksana Harian (Plh) Gubernur DKI hingga Anies resmi dilantik.

"Masuk tanggal 15 itu sudah kosong (jabatan gubernur). Berarti mulai jam 00.01 tanggal 15 Oktober sampai tanggal 16, berapa jam itu berarti, itu dijabat oleh pelaksana harian Sekda Saefullah dengan penugasan dari Kemendagri," kata dia.

Seharusnya, kata Sumarsono, Anies-Sandi dilantik pada 15 Oktober, tapi karena jatuh pada hari Minggu maka pelantikan diundur. Ini mengacu pada Undang-Undang Nomor 10 Tahun 2016, yakni pelantikan tidak dapat dilaksanakan pada hari libur.

"Kenapa tanggal 16, ada UU 10/2016 pelantikan sekelas gubernur, wali kota, bupati harus diselenggarakan pada hari kerja tidak bisa hari libur," tandasnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Persiapan Pelantikan

Gubernur terpilih DKI Jakarta Anies Baswedan dijadwalkan akan dilantik pada 16 Oktober 2017. Namun, jelang pelantikan, Anies mengaku belum memiliki persiapan khusus.

"Karena begini, kita semua tidak membuat rencana fix sampai tahu hari dan jamnya. Baru tahu siang tadi," kata Anies di Gedung DPRD DKI Jakarta, Kebon Sirih, Jakarta Pusat, Selasa (10/10/2017).

Anies menambahkan, dalam menghadapi momen tersebut, ia dan keluarga hanya berdoa agar diberikan kekuatan dalam menjalankan amanah yang diterimanya.

"Berdoa banyak, bukan syukuran, tapi selametan biar selamat lima tahun ke depan," ucap dia.

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan ini memastikan akan mengajak ibundanya, Aliyah Rasyid, yang datang dari Yogyakarta untuk ikut hadir di pelantikannya nanti.

"Ibu datang hari ini," ujar dia.

Kementerian Dalam Negeri mengagendakan pelantikan Gubernur dan Wakil Gubernur terpilih DKI Jakarta Anies Baswedan dan Sandiaga Uno pada Senin mendatang 16 Oktober 2017 di Istana Negara oleh Presiden Joko Widodo atau Jokowi.

Saksikan video di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.