Sukses

Mulai Beroperasi, KRL Lintas Cikarang Dibanjiri 13 Ribu Penumpang

PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) memperkirakan jumlah ini akan semakin bertambah pada hari Senin ini.

Liputan6.com, Jakarta - PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) mengatakan masyarakat menyambut antusias hadirnya layanan KRL di Lintas Bekasi Timur hingga Cikarang yang mulai beroperasi sejak Minggu 8 Oktober 2017. Antusiasme ini terlihat dari volume pengguna di empat stasiun baru pada lintas tersebut.

Tercatat volume pengguna KRL di Stasiun Bekasi Timur, Tambun, dan Cibitung mencapai lebih dari 5.000 pengguna. Sementara di Stasiun Cikarang jumlahnya mencapai lebih dari 8.000 pengguna pada hari pertama beroperasinya KRL Lintas Cikarang.

PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) memperkirakan jumlah ini semakin bertambah pada Senin ini, mengingat para pengguna yang menggunakan KRL untuk bekerja maupun beraktivitas rutin lainnya.

Menyambut antusiasme masyarakat ini, PT KCI telah menyiapkan berbagai kelengkapan fasilitas pelayanan beserta petugas di stasiun. Di seluruh stasiun lintas Cikarang telah tersedia gate elektronik dan mesin Point Of Sales (POS) di loket.

Selain itu petugas mulai dari passenger service, loket, announcer stasiun, hingga pengamanan telah tersedia lengkap di seluruh stasiun tersebut. Khusus di Stasiun Bekasi Timur dan Cikarang juga telah tersedia layanan pos kesehatan.

Humas PT KCI, Eva Chairunisa, mengimbau para pengguna untuk senantiasa mengutamakan keselamatan dalam menggunakan layanan KRL, dengan tidak berdesakan dan tidak memaksakan diri naik ke KRL yang sudah penuh. Kemudian, penumpang juga diminta menunggu kereta di belakang garis kuning batas aman peron.

"Pengguna juga dihimbau untuk senantiasa menjaga kebersihan dan kenyamanan bersama di dalam kereta dengan tidak makan dan minum maupun membuang sampah sembarangan. Kami ingatkan juga bahwa seluruh stasiun maupun rangkaian KRL saat ini adalah wilayah bebas dari asap rokok. Pengguna hanya diperkenankan merokok di luar area stasiun," ucap Eva dalam siaran persnya, Jakarta, Senin (9/10/2017).

PT KCI juga hendak mengajak para pengguna KRL maupun masyarakat di sekitar stasiun untuk menjalankan amanat dari Menteri Perhubungan yaitu agar bersama-sama menjaga sarana dan prasarana perkeretaapian yang telah dibangun oleh pemerintah.

Bentuk partisipasi dalam menjaga sarana dan prasarana perkeretaapian ini antara lain adalah dengan tidak menyeberang melalui perlintasan liar, tidak memanfaatkan stasiun untuk tempat berkumpul bila tidak hendak naik kereta, tidak melakukan pelemparan dan bentuk vandalisme lainnya, serta dengan turut menjaga kebersihan stasiun maupun KRL.

Saksikan video di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.