Sukses

JK: Tidak Ada Alasan Indonesia Tak Bisa Maju seperti India

JK menegaskan, sekarang ini yang membedakan hanyalah tekat untuk maju dan perkembangan teknologi.

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Presiden Jusuf Kalla atau JK mengatakan, tidak ada alasan lagi bangsa Indonesia tak bisa maju. Khususnya dalam teknologi.

"Pada saat dahulu kalau kita lihat Singapura maju, oleh Pak Habibie hanya dikatakan the little dot karena kecil, sehingga cepat maju," ujar JK di Institut Teknologi Lampung, Jumat (6/10/2017).

Akan tetapi, JK melanjutkan, setelah China dengan penduduk 1,4 miliar dan India 1,2 miliar bisa maju, maka tak ada alasan Indonesia tak bisa maju.

"Kita tak punya alasan lagi bahwa penduduk 260 juta susah maju," ucap JK.

Dia menegaskan, sekarang ini yang membedakan hanyalah tekat untuk maju dan perkembangan teknologi.

"Suatu negara maju punya banyak alasan. Ada negara maju karena sumber daya manusianya maju, itu karena kemampuan teknologi. Kita punya dasar yang jauh lebih baik. Kita punya sumber daya alam yang bagus, penduduk cukup banyak baik sebagai produsen dan konsumen. Tentunya maju itu ditentukan oleh menjalankan teknologi sebaik-baiknya," jelas JK.

Dia mencontohkan, Jepang dan Korea yang maju dengan teknologinya. Padahal, tak mempunyai sumber daya alam yang baik.

"Teknologi telah menjadi sumber kekuatan yang besar bangsa itu (Jepang dan Korea)," pungkas JK.

saksikan video di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Drs. H. Muhammad Jusuf Kalla atau sering ditulis Jusuf Kalla atau JK adalah Wakil Presiden Indonesia yang menjabat sejak 20 Oktober 2014.
    Drs. H. Muhammad Jusuf Kalla atau sering ditulis Jusuf Kalla atau JK adalah Wakil Presiden Indonesia yang menjabat sejak 20 Oktober 2014.

    Jusuf Kalla