Imbas KRL Anjlok di Manggarai, Lalu Lintas Depok-Jakarta Lumpuh

Oleh Rochmanuddin pada 03 Okt 2017, 12:20 WIB
Diperbarui 03 Okt 2017, 12:20 WIB
Kemacetan Imbas KRL Anjlok di Lenteng Agung
Perbesar
Sejumlah kendaraan terjebak kemacetan di ruas jalan Lenteng Agung Raya arah Pasar Minggu, Jakarta. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Liputan6.com, Jakarta - Akibat KRL Commuterline lintas Bogor-Angke anjlok di wilayah Stasiun Manggarai, Jakarta Selatan, arus lalu lintas dari Depok arah Pasar Minggu, Jakarta Selatan lumpuh.

Seperti pengamatan Liputan.com, Selasa (3/10/2017), kemacetan mulai terjadi dari lingkar Universitas Indonesia (UI), Depok, Jawa Barat. Kendaraan roda empat nyaris tidak bergerak alias lumpuh.

Akibat jalur ke arah Lenteng Agung tersendat, banyak kendaraan melalui jalur alternatif ke arah Jagakarsa, Jakarta Selatan. Kemacetan pun terjadi di jalur ini, khususnya dari arah Jagakarsa menuju Lenteng Agung. Antrean hampir satu kilometer.

Sementara, antrean kendaraan di Jalan Raya Lenteng Agung terjadi hingga Pancoran, Jakarta Selatan. Kepadatan terjadi hampir di setiap stasiun, seperti Stasiun Universitas Pancasila (UP), Lenteng Agung, Tanjung Barat, hingga Pasar Minggu.

Kepadatan disebabkan karena angkutan umum dan ojek online menunggu penumpang kereta di bahu jalan stasiun.

Tak hanya itu, kemacetan juga terjadi ke arah Jalan TB Simatupang arah Fatmawati. Penutupan jalur arah Ampera akibat adanya proyek galian parit di depan Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, menyebabkan antrean kendaraan.

Kemacetan juga diungkapkan warganet di Twitter. Seperti pemilik akun @arinayulistara yang menyebutkan, kemacetan terjadi mulai lingkar UI, imbas KRL anjlok.

"Lalin dr Univ UI arah Lenteng Agung, Jaksel terpantau macet, imbas KRL anjlok," tweet @arinayulistara pada pukul 09.50 WIB.

Hal sama juga diungkapkan pemilik akun @danarpmlh, pengguna jasa Commuterline terpaksa beralih menggunakan angkutan umum, akibat KRL anjlok di Manggarai.

"KRL anjlok di Manggarai - Tn Abang, penumpang di St. Lenteng memilih memakai angkutan umum," tweet @danarpmlh pada pukul 08.26 WIB.

Saksikan video pilihan berikut ini:

 

2 dari 2 halaman

KRL Anjlok

KRL Commuterline jurusan Bogor-Angke anjlok di Stasiun Manggarai pada pukul 07.40 WIB. Kereta yang anjlok itu bernomor seri KA 1507.

"Saat ini petugas gabungan dari PT KAI Daop 1 Jakarta dan PT KCI masih melakukan proses evakuasi KRL tersebut," ujar Kepala Humas PT KAI Commuter Line Jabodetabek (KCJ) Eva Chairunisa, Selasa.

Selama proses evakuasi dilakukan, KRL dari arah Manggarai menuju Sudirman maupun sebaliknya belum dapat beroperasi.

Bagi pengguna yang tetap ingin menggunakan KRL dapat naik KRL dari Manggarai tujuan Jatinegara, kemudian menggunakan KRL Loop Line yang berangkat dari Stasiun Jatinegara.

Sementara, bagi penumpang yang tidak dapat menunggu KRL, PT KAI Commuterline mengimbau untuk menggunakan moda transportasi alternatif dari stasiun terdekat, misalnya Stasiun Tebet.

Lanjutkan Membaca ↓