Sukses

Hari Batik Nasional, Siswa SD Lomba Membatik di Atas Kain

Hari Batik Nasional, siswa di berbagai daerah belajar membatik di atas media kain.

Fokus, Solo - Memperingati Hari Batik Nasional yang jatuh pada 2 Oktober, hari ini, Senin, 2 Oktober 2017, Museum Tekstil Indonesia menggelar lomba membatik tingkat pelajar SMK se-DKI Jakarta.

Seperti ditayangkan Fokus Sore Indosiar, Senin (2/10/2017), acara tersebut dihadiri oleh kurang lebih 52 peserta dari 8 SMK se-DKI Jakarta. Mereka membatik di atas kain berukuran 40x100 cm dengan pola bertemakan Pesona Jakarta.

Pertama, para peserta diharuskan menggambar pola batik, kemudian dilanjutkan dengan proses canting yang dilakukan di Pendopo. Usai proses canting, tahap terakhir adalah pewarnaan.

Setelah semua selesai, barulah juri akan menilai hasil membatik dari masing-masing peserta. Dengan adanya lomba membatik, diharapkan bisa menggali potensi masing-masing peserta dan tentunya melestarikan budaya warisan Indonesia.

Sementara di Solo, Jawa Tengah. SD Negeri Petoran Solo, Senin pagi, tampak ratusan siswa baik laki-laki mupun permpuan, semuanya mengenakan baju batik. Mereka terlihat antusias saat mengikuti upacara penghormatan bendera di halaman sekolah mereka.

Tidak hanya murid, seluruh tenaga pengajar di sekolah pun juga tidak mau ketinggalan. Mereka mengenakan pakaian khas warisan budaya Indonesia.

Meski masih tergolong belia, antusiasme para siswa sekolah dasar ini terhadap warisan budaya Indonesia berupa batik, patut diacungi jempol.  Meskipun pakaian batik yang mereka kenakan hanya dipakai saat menghadiri hajatan bersama orang tua mereka, para siswa terlihat senang.

Tidak hanya palajar dan guru saja, seluruh pegawai negeri di Solo hari ini juga mengenakan pakaian batik untuk memeriahkan Hari Batik Nasional.