Sukses

Seluruh Tol Tangerang-Merak Resmi Berlakukan Transaksi Nontunai

PT Marga Mandala Sakti (PT MMS) resmi menerapkan sistem transaksi nontunai di seluruh Gerbang Tol Tangerang-Merak.

Liputan6.com, Tangerang - PT Marga Mandala Sakti (PT MMS) resmi menerapkan sistem transaksi nontunai di Gerbang Tol Tangerang-Merak pada Minggu 1 Oktober kemarin.

Perusahaan pengelola tol tersebut, juga sebelumnya menghapus transaksi tunai di Gerbang Tol Cibubur Utama, Cimanggis Utama, dan Jagorawi.

"Kami berharap setidaknya lebih dari 60 persen pengguna akan menggunakan uang elektronik, dan dengan demikian akan mempercepat proses transaksi di gerbang-gerbang," kata Presiden Direktur PT MMS Wiwiek D Santoso, Tangerang, Banten, Senin (2/10/2017).

Wiwiek menjelaskan, sistem yang mulai berlaku sejak hari ini pukul 07.00 WIB itu, berlaku untuk pembayaran di seluruh Gerbang Tol Tangerang-Merak. Jalur tol penghubung Jakarta-Banten itu memiliki 86 gerbang, 21 di antaranya gerbang tol otomatis (GTO).

Menurut Wiwiek, pengguna uang elektronik di Tol Tangerang-Merak hingga Juli 2017 baru mencapai 16,7 persen. Sedangkan, beberapa bank yang melayani transaksi nontunai di tol ini adalah e-Tollcard (Bank Mandiri), Tapcash (BNI), Brizzi (BRI), Blink (BTN), dan Flazz (BCA).

"Waktu transaksi akan lebih cepat karena tidak ada lagi penghitungan dan pengembalian uang, sehingga dapat memperpendek antrean serta memperkecil kemungkinan terjadinya kemacetan di gerbang-gerbang," tandas Wiwiek.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Cara Transaksi Nontunai

Tata cara penggunaan uang elektronik bagi pengguna e-money atau e-Tollcard (Bank Mandiri) dan Blink (BTN), saat melalui GTO, hanya menempelkan kartu di tempat yang ditentukan.

Sedangkan, bila melalui gardu tol manual, tempelkan kartu di tempat yang ditentukan atau menyerahkan kartu pada petugas gardu tol.

Usai menempelkan kartu, pengguna tol bisa mengambil struk transaksi dan mengecek sisa saldo, serta tidak perlu mengambil Kartu Tanda Masuk (KTM).

Sementara, untuk topup atau melakukan isi ulang uang elektronik bisa dilakukan di bank, toko retail, atau ATM di ruas Tol Tangerang-Merak. Di antaranya ATM Mandiri di Kantor Gerbang Tol Cikupa Utama, Balaraja Timur, Balaraja Barat, Ciujung, Serang Barat, Cilegon Timur, Cilegon Barat, dan Merak.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.