Sukses

5 Syarat Indonesia Bisa Kalahkan Negeri Jiran Versi Muhammadiyah

Bila dilakukan, maka Indonesia mampu memenangkan persaingan dengan negara-negara tetangga, terutama Singapura, Malaysia, dan Thailand.

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Umum Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah Haedar Nashir mengungkapkan lima syarat yang perlu dilakukan bangsa Indonesia agar manjadi negara yang maju. Bila dilakukan, maka Indonesia mampu memenangkan persaingan dengan negara-negara tetangga di ASEAN, terutama Singapura, Malaysia, dan Thailand.

"Kelebihan negara tetangga adalah terus membangun sumber daya manusia (SDM) yang inovatif dan terus bekerja keras guna mewujudkan kemandirian," kata Haedar seperti dilansir Antara, Minggu (1/10/2017).

Menurut dia, Indonesia adalah negara besar di ASEAN secara geografis yang sangat kaya sumber daya alam. Indonesia memiliki kekayaan beragam sumber daya alam yang melimpah, tapi masih kalah bersaing dengan negara-negara tetangga.

Untuk mengejar ketertinggalan dari negera tetangga, maka Indonesia harus mampu membangun sumber daya manusianya (SDM) menerapkan lima syarat. Pertama rakyat Indonesia harus menjadi manusia yang jujur, amanah, dan beranggung jawab.

Kedua, sambung dia, membangun bangsa Indonesia menjadi individu mandiri dan tidak terlalu manja. "Bangsa Indonesia harus berubah paradigma dan sikap menjadi bangsa mandiri, tidak tergantung dengan bangsa lain."

Ketiga, lanjut Haedar, bangsa Indonesia harus cerdas dalam pengembangan ilmu pengetahuan. Selama tidak bekerja keras dalam menuntut dan mengembangkan ilmu pengetahuan dan tidak mandiri, menurut maka kekayaan alam Indonesia yang melimpah terus dikuasai asing.

Keempat, mewujudkan Indonesia berkemajuan membutuhkan tanggung jawab sosial bersama sekaligus menjauhkan ego sektoral. "Kelima, bangsa Indonesia harus membangun solidaritas kolektif dan merajut ukhuwah sesama umat," imbuh dia.

Menurut Haedar, untuk mewujudkan ukhuwah sesama umat ini membutuhkan perjuangan dan kerja keras yang terus-menerus tanpa mengenal lelah. Ia pun optimistis jika bangsa Indonesia yang heterogen tersebut solid, maka jalan membangun Indonesia berkemajuan akan lebih mudah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini