Sukses

Megawati Minta Kampus Jangan Menjadi Menara Gading

Menurut Mega akademisi harus mencari solusi ilmiah problematika rakyat. Baginya, berpendidikan berarti berjuang untuk bangsa dan negara.

Liputan6.com, Padang - Megawati Soekarnoputri menilai selama ini universitas kurang melakukan riset strategis. Padahal, penelitian semacam ini penting. Akhirnya Indonesia dipenuhi produk asing yang lebih sesuai kebutuhan masyarakat. 

"Kalau kita melakukan riset strategis, barang mereka tidak laku di sini," kata Mega dalam pidato ilmiah pengukuhan gelar doktor honoris causa di Universitas Negeri Padang, Rabu (27/9/2017)

Mega mengingatkan kampus jangan menjadi menara gading. Kegiatan akademik tidak bisa mengambil jarak dengan kenyataan yang dihadapi masyakarat.

"Universitas bukan untuk menghasilkan ide ilmu untuk ilmu. Ilmu akan menjadi ilmu bila bermanfaat bagi kemanusian," lanjut Mega.

Ia berkomitmen mendorong politik pendidikan yang menghasilkan akademisi organik.

Akademisi semacam itu, lanjut Mega, diliputi kegelisahan. Mereka akan mencari solusi ilmiah problematika rakyat.

"Pengetahuan adalah berjuang untuk tanah air dan bangsa," pungkasnya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.