Sukses

Sambangi Pengungsi Gunung Agung, Jokowi Disambut Gempa 4,2 SR

Presiden Jokowi ‎akan melihat langsung kondisi para pengungsi Gunung Agung.

Liputan6.com, Klungkung - ‎Presiden Joko Widodo atau Jokowi melakukan serangkaian kunjungan kerja di Bali. Salah satunya adalah mengunjungi Posko Utama Penanggulangan Bencana Gunung Agung di Dermaga Tanah Ampo, Karangasem.

Jokowi ‎juga dijadwalkan melihat langsung kondisi para pengungsi. Salah satunya akan mengunjungi pos pengungsi di GOR Swecapura yang terletak di Kabupaten Klungkung.

Kunjungan kerja Jokowi di Bali disambut gempa dengan kekuatan 4,2 SR. Data dari BMKG menyebutkan, gempa yang terjadi pukul 15.27 Wita itu berlokasi ‎ di 8.33 LS, 115.48 BT (4 kilometer Barat Laut Karangasem), dengan kedalaman 5 kilometer.

Gempa tersebut dirasakan sejumlah warga hampir merata di seluruh Bali. Tak hanya di Karangasem, warga di Denpasar, Badung, Gianyar, Tabanan, Bangli, dan Buleleng juga merasakan getaran gempa yang cukup kuat.‎ 

Sebelumnya, Jokowi juga melakukan serangkaian kegiatan di Nusa Dua dan Kabupaten Buleleng, Bali. Orang nomor satu di Indonesia itu menggunakan alat transportasi helikopter untuk menjangkau jarak jauh kegiatannya tersebut.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jumlah Pengungsi

Jumlah pengungsi Gunung Agung di berbagai daerah di Bali terus bertambah. Data pengungsi yang tercatat oleh Pusat Pengendalian Operasi (Pusdalops) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bali, pada Selasa (26/9/2017) pukul 12.00 Wita, mencapai 75.673 jiwa.

"Pengungsi ini tersebar di 377 titik pengungsian, di sembilan kabupaten/kota di Bali. Diperkirakan data jumlah pengungsi masih bertambah karena pendataan masih terus dilakukan," Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.