Sukses

Jokowi: Petani Harus Punya Strategi Bisnis Menikmati Hasil Panen

Menurut Presiden Jokowi, petani juga harus memikirkan strategi terhadap hasil panen. Apa tujuannya?

Fokus, Salatiga - Dalam menjaga ketersediaan pangan nasional, petani punya peran sangat strategis. Itulah sebabnya, Presiden Joko Widodo mendorong para petani untuk tidak sekadar berkutat pada sisi produksi. Para petani diharapkan memperhatikan pula sisi bisnis, agar bisa menikmati keuntungan secara ekonomi.

Seperti ditayangkan Fokus Sore Indosiar, Senin (25/9/2017), percakapan Presiden Joko Widodo dengan salah satu petani berlangsung dalam silaturahmi Jokowi dengan ratusan petani yang tergabung dalam Serikat Paguyuban Petani Koriyah Tayyibah di Salatiga, Jawa Tengah.

Selain berdialog dengan petani, dalam pertemuan yang berlangsung Senin siang, 25 September 2017 tadi, Presiden juga menegaskan pentingnya peran petani dalam menjaga ketersediaan pangan nasional.

Presiden mendorong para petani untuk tidak semata berkutat pada sisi produksi. Justru saat ini, petani harus pula memerhatikan sisi bisnisnya, agar bisa menikmati keuntungan secara ekonomi.

Presiden juga memberi perhatian khusus pada pengemasan produk. Hal itu penting dilakukan agar produk pertanian lokal bisa bersaing di pasar ekspor. Proses penanaman hingga produk siap jual akan lebih mudah tertangani bila petani bergabung dalam sebuah komunitas besar, yang pada akhirnya berujung pada meningkatnya kesejahteraan para petani.