Presiden Jokowi Bagikan 675 KIP dan 1.500 PKH di Salatiga

Oleh Ahmad Romadoni pada 25 Sep 2017, 14:38 WIB
Diperbarui 25 Sep 2017, 14:38 WIB
Jokowi Salatiga
Perbesar
Presiden Jokowi dalam kunjungannya di Salatiga, Jawa Tengah. (Biro Pers Istana)

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi membagikan Kartu Indonesia Pintar (KIP) dan kartu Program Keluarga Harapan (PKH) di Salatiga, Jawa Tengah. Pembagian itu dilakukan di SMA Negeri 3 Salatiga, Kelurahan Sidorejo, Kota Salatiga.

Ada 675 pelajar penerima KIP dan 1.500 keluarga yang memperoleh kartu PKH, Senin (25/9/2017).

Besaran bantuan yang didapatkan para pelajar penerima bantuan sebesar Rp 450 ribu per tahun untuk yang berada di tingkat SD, Rp 750 ribu bagi yang berada di tingkat SMP, dan Rp 1 juta bagi pelajar SMA atau SMK.

Presiden yang didampingi Ibu Negara Iriana Joko Widodo menjelaskan dana bantuan yang diterima dari KIP digunakan hanya untuk keperluan sekolah, seperti membeli buku, tas, sepatu, dan seragam sekolah.

"Bisa untuk beli pulsa? Untuk beli pulsa tidak boleh. Kalau dibelikan pulsa, kartunya dicabut," ucap Jokowi di Salatiga, Senin.

Sementara bagi penerima PKH, pemerintah memberikan bantuan sebesar Rp 1.890.000 setiap keluarga. Dana total yang tersedia dalam kartu PKH itu dapat diambil empat kali melalui bank yang telah ditunjuk pemerintah.

Jokowi mengatakan bantuan PKH tersebut digunakan untuk keperluan pendidikan dan gizi keluarga.

"Dalam PKH ada anggaran Rp 1.890.000. Itu dipakai untuk pendidikan anak, keperluan gizi anak-anak. Ingat tidak boleh untuk membeli rokok," ujar Jokowi saat memberikan sambutan.

Turut hadir mendampingi Presiden Jokowi dan Ibu Iriana, Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

2 dari 2 halaman

Kunjungan ke Jawa Tengah

Presiden Joko Widodo atau Jokowi melakukan kunjungan kerja ke Jawa Tengah. Salah satu agendanya, Jokowi akan meresmikan Jalan Tol Semarang-Solo Seksi III: Bawen-Salatiga di Gerbang Tol Salatiga, Kelurahan Tingkir Tengah, Kecamatan Tingkir, Kota Salatiga.

Peresmian ini adalah agenda terakhir Jokowi dalam kunjungan kerjanya di Jawa Tengah.

Rencananya, Jokowi dan Ibu Negara Iriana Jokowi akan bersilaturahmi dengan Serikat Paguyuban Petani Qaryah Thayyibah (SPPQT) di Kelurahan Kalibening, Kecamatan Tingkir, Kota Salatiga, Provinsi Jawa Tengah.

Presiden dan Ibu Iriana bertolak ke Jawa Tengah dengan menggunakan Pesawat Kepresidenan Indonesia-1 melalui Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma, Jakarta, pada pukul 07.30 WIB, Senin (25/9/2017).

Agenda berikutnya setelah bersilaturahmi, Presiden akan menyerahkan Kartu Indonesia Pintar (KIP) dan Program Keluarga Harapan (PKH) di Kota Salatiga, Provinsi Jawa Tengah.

Siang harinya, Jokowi menyerahkan sertifikat tanah untuk rakyat di Kelurahan Pulutan, Kecamatan Sidorejo, Kota Salatiga, Provinsi Jawa Tengah.

Turut mendampingi Jokowi dan Ibu Iriana dalam penerbangan menuju Provinsi Jawa Tengah adalah Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala BPN Sofyan Djalil, Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono, serta Staf Khusus Presiden Johan Budi, Sekretaris Militer Presiden Marsda TNI Trisno Hendradi, dan Komandan Paspampres Mayjen TNI (Mar) Suhartono.

Lanjutkan Membaca ↓

Tag Terkait