Sukses

Pedestrian Multi Fungsi Jadi Trend Masa Kini

Pedestrian kian digarap sebagai sarana multifungsi. Jakarta, Bekasi, dan daerah lain di Indonesia semakin giat menghadirkan pedestrian.

Liputan6.com, Jakarta Pedestrian kian digarap sebagai sarana multifungsi. Seperti di Jakarta, area pedestrian di kawasan Jalan Sudirman – MH Thamrin nantinya, menurut Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat dapat digunakan sebagai sarana atau tempat kumpul anak-anak muda. Dimana fungsi utamanya tentu sebagai sarana jalan kaki.

Di sepanjang pedestrian tersebut nantinya juga akan dilengkapi dengan satu lajur yang khusus untuk sepeda. Sehingga sepeda memiliki lajur sendiri dan tidak mengganggu pejalan kaki.

Bukan hanya Jakarta, Pemkot Bekasi juga membangun jalur pejalan kaki (pedestrian) dan jalur khusus sepeda. Wajah pedestrian Kota Bekasi sudah sangat berubah. Pemkot Bekasi kini seakan memanjakan warganya untuk berjalan kaki dengan aman dan nyaman tanpa perlu khawatir diklakson ataupun ditabrak oleh pengguna kendaraan bermotor.

Konsep pembangunan pedestrian ini juga menyiapkan di bawah pedestrian tersebut utilitas kota. Tujuan utamanya yakni, memberikan kemudahan bagi masyarakat untuk berjalan kaki dari satu tempat ke tempat lainnya. Sehingga masyarakat tak perlu lagi menggunakan kendaraan bermotor hanya untuk menempuh perjalanan 1-3 kilometer. Khususnya bagi penghuni apartemen yang juga sudah banyak dibangun di sana.

Maka ketika Lippo Group membangun kota baru Meikarta ini akan menjadi kota yang indah, lengkap, modern dan tercanggih se-Asia Tenggara, masalah keselamatan dan kenyamanan pejalan kaki juga diperhitungkan. Infrastruktur yang dilakukan adalah merancang Meikarta dengan sistem tata kota grid (grid system). Tata kota jenis ini diterapkan di beberapa negara maju seperti di New York.

Disiapkan desain jalan dengan “4 layers of coherent internal road network”. Tingkat teratas khusus untuk pejalan kaki sehingga jalan-jalan di Meikarta tak perlu memiliki trotoar. Di bawahnya jalan khusus untuk tamu yang ingin menikmati fasilitas fasilitas umum dan sosial di Meikarta. Di bagian bawah lagi jalan khusus untuk penghuni Meikarta.

Jalan ini juga dilengkapi tempat parkir pribadi. Di tingkat terbawah adalah jalan untuk kendaran yang hanya numpang lewat.

Konsep pembangunan Meikarta juga ramah untuk anak-anak. Ada galeri pejalan kaki, jadi aman buat anak-anak. Di pedestriannya warga bisa bermain atau bersantai dengan nyaman. Sehingga bentuk pedestrian yang tengah disiapkan oleh Jakarta dan Bekasi, di Meikarta akan hadir lebih lebar dan nyaman.

 

(Adv)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.