Sukses

MA Tunggu Bawas Tentukan Nasib Ketua PN Bengkulu

Ketua PN Bengkulu dinonaktifkan sementara setelah KPK menangkap hakim pengadilan Tipikor Bengkulu Dewi Suryana.

Liputan6.com, Jakarta - Mahkamah Agung masih menunggu hasil dari tim Badan Pengawas (Bawas), terkait peran dari Ketua Pengadilan Negeri (PN) Bengkulu, Kaswanto dalam kasus korupsi yang diungkap KPK beberapa waktu lalu.

Kaswanto sendiri telah dinonaktifkan sementara dari jabatannya setelah KPK menangkap hakim pengadilan Tipikor Bengkulu Dewi Suryana. Dia diduga menerima suap pengaman perkara.

"Sekarang masih evaluasi, belum ada pengumuman atau putusan dari Bawas, apakah Ketua PN Bengkulu akan direhabilitasi ke jabatan lain atau definitif pemberhentian," kata Juru Bicara MA, Suhadi, di kantornya, Jakarta, Rabu, 13 September 2017.

Menurut dia, akan berbeda hukumannya, jika Kaswanto terlibat dalam kasus dugaan pengaturan perkara. Sanksi maksimal, kata dia, adalah diberhentikan dari jabatannya sebagai hakim dapat dikenakan kepada Kaswanto.

"Dicopot dari jabatannya. Kalau terlibat bersama itu lain konteks, itu sebagai hakim. Kalau status tersangka akan ada pemberhentian sementara. Kalau sudah ada putusan tetap akan diberhentikan secara definitif," jelas Suhadi.


Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Meringankan Hukuman

Sebelumnya, KPK menangkap hakim Pengadilan Negeri Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Dewi Suryana. Dia tak sendiri menyandang status tersangka. Ada dua lainnya, yaitu Panitera Pengganti Pengadilan Tipikor Bengkulu Hendra Kurniawan‎ dan pihak swasta, yakni Syahdatul Islami.

KPK menduga, apa yang dilakukan tersangka, agar bisa menjatuhkan hukuman ringan terhadap tersangka Wilson, dalam perkara pidana khusus TPK 2017 PN Bengkulu.

Lebih lanjut, Wilson terjerat perkara korupsi kegiatan rutin pada Dinas Pendapatan Keuangan dan Aset Daerah (DPPKAD) Kota Bengkulu Tahun 2013. Kesepakatan dibuat antara tiga tersangka tersebut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.