Jalan Terjal Timnas Indonesia ke Semifinal Piala AFF

Oleh Rinaldo pada 12 Sep 2017, 18:52 WIB
Diperbarui 12 Sep 2017, 18:52 WIB

 

Liputan6.com, Jakarta - Tim Nasional Indonesia U-19 melakoni laga berat menghadapi Vietnam di laga ketiga group B Piala AFF U-18 yang berlangsung di Stadion Thuwunna, Yangon, Myanmar, senin sore kemarin, 11 September 2017.

Seperti ditayangkan Fokus Sore Indosiar, Selasa (12/9/2017), garuda muda tampil menyerang diawal babak pertama. Namun ketatnya pertahanan Vietnam membuat Indonesia gagal mencetak gol.

Petaka bagi Indonesia terjadi pada menit 37, saat kiper utama Muhamad Riyandi mengalami cidera dan harus diganti kiper cadangan Muchamad Aqil Savik.

Kondisi tersebut dimanfaatkan Vietnam untuk mengubah skor 0-1 pada menit 41. Memanfaatkan umpan tendangan penjuru, tim berjuluk golden star mencetak gol melalui aksi striker Le Van Nam.

Lemahnya pertahanan Indonesia kembali dimanfaatkan tim asuhan Hoang Anh Tuan untuk mencetak gol kedua, empat menit kemudian. Kembali lagi Le Van Nam memperdaya kiper Muchamad Aqil Savik melalui sundulan kepala. Hingga babak pertama berakhir, Indonesia tertinggal 0-2 dari Vietnam.

Di paruh kedua, tim asuhan Indra Sjafri mengurung pertahanan Vietnam untuk menyamakan kedudukan.

Namun Vietnam justru kembali menambah gol, empat menit jelang laga usai melalui sundulan Bui Hoang Viet Anh.

Hingga laga usai, Indonesia takluk 0-3 dari Vietnam. Hasil tersebut menempatkan Indonesia dalam posisi sulit untuk lolos ke semifinal, karena di laga lain Myanmar mencukur Filipina 7-0.

Untuk lolos ke semifinal, Indonesia wajib menang dengan mencetak banyak gol saat menghadapi Brunei Darussalam di laga keempat pada Rabu, 13 September 2017, dan berharap di laga lain Myanmar kalah atau bermain imbang dengan Vietnam.