Sukses

Elza Syarief Laporkan Balik Akbar Faisal ke Polda Metro Jaya

Akbar dianggap Elza telah memfitnah dengan menyebut dirinya sebagai kaki tangan terpidana kasus korupsi M Nazaruddin.

Liputan6.com, Jakarta - Pengacara senior Elza Syarief melaporkan politikus Partai Nasdem, Akbar Faisal, ke Polda Metro Jaya. Anggota Komisi III DPR itu dilaporkan atas kasus dugaan fitnah dan pencemaran nama baik melalui media elektronik.

Laporan tersebut diterima polisi dengan Nomor LP/4348/IX/2017/PMJ/Dit Reskrimsus tertanggal 12 September 2017. Dalam laporan itu, Akbar diduga melanggar Pasal 27 ayat 3, 4, dan Pasal 28 ayat 2 UU Nomor 19 Tahun 2016 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE).

Elza mengatakan, laporan tersebut dilayangkan terkait pernyataan Akbar di salah satu media massa. Akbar dianggap telah memfitnah dengan menyebut dirinya sebagai kaki tangan terpidana kasus korupsi M Nazaruddin.

"Dia membentuk opini karena dia mantan wartawan dengan menggunakan Media Indonesia, mengatakan dengan judul 'Akbar Faisal Menuding Elza sebagai Kaki Tangan Nazaruddin'," ucap Elza di Mapolda Metro Jaya, Selasa (12/9/2017).

Dia menuturkan, opini tersebut sengaja dibentuk Akbar untuk menjatuhkan kredibilitas dirinya. "Karena koruptor adalah suatu status yang sangat dibenci masyarakat," ucap Elza.

Kendati demikian, Elza mengklaim tudingan tersebut tidak berdampak signifikan di masyarakat. Elza mengaku dirinya tetap mendapatkan dukungan dari masyarakat atas kesaksiannya di persidangan tipikor.

"Saya syukur alhamdulillah banyak sekali dukungan dari masyarakat, karena saya mengatakan kebenaran dan memberantas korupsi," kata dia.

Lebih jauh, Elza menyatakan bahwa laporan kepolisian ini dibuat agar tak ada lagi anggota legislatif yang sewenang-wenang terkait masalah hukum. Dia menyesalkan sikap Akbar yang terkesan mengintervensi peradilan.

"Ini upaya hukum. Jadi, tidak bisa legislatif itu mengintervensi yudikatif. Ini persidangan. Dia kalau Komisi III DPR, harusnya mengerti hukum," tandas Elza.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Laporan Akbar Faisal

Sebelumnya, anggota DPR dari Fraksi Nasdem, Akbar Faisal, mendatangi Bareskrim Polri, Gambir, Jakarta Pusat, untuk melaporkan pengacara Elza Syarif. Laporan tersebut telah tercatat dengan Nomor: LP/865/VIII/2017/BARESKRIM.

Menurut dia, pelaporan itu terkait dengan kesaksian Elza saat sidang Miryam S Haryani, Senin (21/8/2017), dalam kasus pemberian kesaksian palsu.

Elza Syarief dilaporkan dengan Pasal 242 KUHP karena kesaksian palsu, pemberian kesaksian tidak benar menurut Pasal 22 Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1990 jo UU Nomor 20 Tahun 2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi, serta Pasal 317 dan Pasal 318 KUHP perbuatan fitnah, serta pencemaran nama baik pada Pasal 310 KUHP.


Saksikan video menarik di bawah ini:

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.