Sukses

Menteri Kehakiman Jepang Pelajari Industri di Lapas Cipinang

Menteri Kehakiman Jepang Yoko Kamikawa berkesempatan mengunjungi Lapas Klas IIA Narkotika Cipinang, Jakarta Timur.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Kehakiman Jepang Yoko Kamikawa berkesempatan mengunjungi Lapas Klas IIA Narkotika Cipinang, Jakarta Timur. Dalam agenda kunjungan kenegaraan itu, pihak Direktorat Jenderal Pemasyarakatan juga memamerkan sejumlah industri produktif dan karya dari warga binaan lapas.

Pantauan Liputan6.com, Sabtu (9/9/2017), para pejabat dari kedua negara itu berkeliling melihat suasana lapas. Mereka juga menuju lokasi produksi roti dan kerajinan tangan.

Di antaranya adalah kreasi handmade patung kayu ondel-ondel, figura ondel-ondel, tempat tissue, tempat pulpen, dan toples permen. Karya tersebut diperjualbelikan di luar lapas dan sudah laris dipasaran.

Pelaksanan Tugas (Plt) Dirjen Pemasyarakatan Makmun menyampaikan, kunjungan kenegaraan itu merupakan bentuk pemberitahuan bahwa ada lapas di Indonesia yang sangat produktif memberdayakan warga binaan.

"Kami beserta rekan Direktur Jenderal Pemasyarakatan dan Kanwil Kemenkumham DKI ke depan kemungkinan ada kerjasama dengan Kementerian Kehakiman Jepang. Mungkin kami menawarkan kebetulan lagi mengembangkan lapas industri yang baru memulai," tutur Mukmin di Lapas Klas IIA Narkotika Cipinang, Jalan Raya Bekasi Timur, Jakarta Timur.

Menurut Makmun, kerjasama Indonesia dengan Negeri Sakura dalam hal pengembangan industri dalam lapas sudah tepat. Hal itu melihat bagaimana Jepang dapat menunjukkan kekayaan akan ilmu kreativitas dan bisnis.

"Mungkin pemerintah Jepang dapat membantu dari sisi manajemen. Mungkin di Jepang keterampilan lebih maju dan bisa dikembangkan di Indonesia," jelas Makmun.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Senang Kunjungi Lapas

Melalui penerjemahnya, Menteri Kehakiman Jepang Yoko Kamikawa menambahkan, dia sangat senang dapat melihat langsung kesibukan industri warga binaan Lapas Narkotika Cipinang.

"Saya sangat senang bisa berkunjung ke lapas. Saya mendengar di lapas ini ada banyak kegiatan yang maju dan ada program penanggulangan kreativitas narapidana," ujar Yoko.

Menurut Yoko, kejahatan narkotika di Jepang terbilang meningkat dari sebelumnya. Sebab itu, dia berharap mendapat banyak masukan dengan kunjungan tersebut.

"Di Jepang kejahatan narkotika bertambah banyak, jadi saya sangat berharap bisa banyak yang saya pelajari di lapas ini," Yoko menandaskan.

Selain Lapas Klas IIA Narkotika Cipinang, kedua jajaran menteri kenegaraan itu juga mengunjungi Rutan Cipinang.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.