Sukses

Siswa SD Galang Dana untuk Warga Rohingya

Aksi solidaritas terhadap Rohingya juga berlanjut di berbagai daerah.

Fokus, Makassar - Para siswa dan guru sekolah dasar di Makassar, Sulawesi Selatan, memberikan dukungan kepada Rohingya. Selain itu, dukungan juga datang dari Persekutuan Gereja Kristen Jawa Purwodadi.

Seperti ditayangkan Fokus Sore Indosiar, Jumat (8/9/2017), ratusan siswa Sekolah Dasar Islam terpadu Ar Rahmah di Makassar, Sulawesi Selatan, menggelar aksi kemanusian bagi etnis Rohingya di Myanmar. Para siswa dan guru berhasil mengumpulkan uang lebih dari Rp 8 juta. Kemudian, uang tersebut diserahkan kepada lembaga kemanusiaan yang menyalurkan bantuan kemanusiaan ke negara bagian Rakhine tempat etnis Rohignya.

Tidak hanya uang, para siswa mengungkapkan tanda cinta sebagai sesama manusia kepada etnis Rohingya dengan membubuhkan telapak tangan yang sudah diwarnai di atas kain putih sepanjang 10 meter. Para siswa mengaku rela menyisihkan uang saku mereka sebagai bentuk kepedulian terhadap sesama.

Selain itu, solidaritas kemanusiaan untuk etnis Rohingya juga digalang Persekutuan Gereja Kristen Jawa Purwodadi di Grobogan, Jawa Tengah. Para jemaat menggelar doa mohon keselamatan bagi seluruh keluarga Rohingya di Myanmar dan juga agar kekerasan yang dilakukan militer Myanmar segera diakhiri.

Sementara, aksi solidaritas yang dilaksanakan di Candi Borobudur dipindahkan ke komplek Masjid An Nur, Magelang, Jawa Tengah. Dampakanya aktifitas wisatawan di Candi Borobudur tetap berjalan normal. Meski demikian 2.800 aparat gabungan dikerahkan untuk mengamankan sejumlah obyek vital yang dilalui massa, termasuk akses masuk ke kawasan Borobudur.