Sukses

Penjual Oleh-Oleh Haji di Arab Saudi Unjuk Kemampuan Bahasa Indonesia

Bahkan untuk menarik para jemaah asal Indonesia, hampir seluruh toko menempelkan tulisan dalam bahasa Indonesia.

Liputan6.com, Arab Saudi - Berbagai cara dilakukan para penjual dan pemilik toko di Mekah, Arab Saudi untuk menarik minat jemaah asal Indonesia agar berbelanja di toko mereka.

Salah satunya di Toko Bajaba'a yang menawarkan aneka panganan khas oleh-oleh haji. Para penjualnya sangat fasih menggunakan bahasa Indonesia hingga bahasa daerah.

Toko Bajaba'a adalah salah satu toko yang dapat ditemui di Terminal Syib Amir, Mekah. Seperti ditayangkan Liputan6 Siang SCTV, Kamis (8/9/2017), kawasan ini tak pernah sepi dengan kehadiran jemaah haji dari berbagai negara di dunia.

Setiap usai salat di Masjidil Haram sebagian besar jemaah menyempatkan berbelanja di toko-toko yang berjajar di kawasan ini. Maka tak heran bila ada pelayan toko berwajah Arab menyapa dengan bahasa Indonesia atau bahkan unjuk kemampuan berbahasa daerah.

Bahkan untuk menarik para jemaah asal Indonesia, hampir seluruh toko menempelkan tulisan dalam bahasa Indonesia. Hal ini agar para jemaah berbelanja oleh-oleh di tokonya.

Bagi para pedagang maupun pemilik toko, pasar potensial jemaah haji setiap tahun berasal dari Indonesia. Tahun ini jumlah jemaah haji mencapai 2,1 juta. Sekitar 221 ribu di antaranya berasal dari Indonesia.

Â