Rhino X-Tri Siap Digelar di Festival Pesona Tanjung Lesung

Oleh Cahyu pada 07 Sep 2017, 10:55 WIB
Diperbarui 07 Sep 2017, 10:55 WIB
Rhino X-Tri, Cross Triathlon Pertama Indonesia di Festival Pesona Tanjung Lesung Siap Digelar
Perbesar
Rhino X-Tri, Cross Triathlon Pertama Indonesia di Festival Pesona Tanjung Lesung Siap Digelar

Liputan6.com, Jakarta Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pariwisata Tanjung Lesung siap menggelar Rhino Cross Triathlon atau disebut Rhino X-Tri, sebuah ajang kejuaraan nasional cross triathlon pertama di Indonesia yang terdiri dari lomba berenang, balap sepeda, serta lari melintasi pesona dan tantangan alam Tanjung Lesung pada 22 – 24 September 2017. Rhino X-Tri yang menjadi bagian dari perhelatan akbar Festival Pesona Tanjung Lesung dan dihelat bersama Sunset Trail Run dan Mountain Bike Cross Country Marathon (MTB XC) ini akan diramaikan oleh ratusan peserta dari sejumlah negara.

Sebagai bentuk dukungan penuh untuk agenda pariwisata strategis Provinsi Banten dan kampanye Exciting Banten, Kementerian Pariwisata (Kemenpar) Republik Indonesia bersama Pemerintah Provinsi Banten dan Kabupaten Pandeglang secara resmi meluncurkan secara bersamaan Festival Pesona Tanjung Lesung dan Rhino Cross Triathlon di Kantor Kementerian Pariwisata di Jakarta hari ini.

“Pemerintah Provinsi Banten bersama Pemerintah Kabupaten Pandeglang dan BWJ sebagai pengelola Tanjung Lesung siap menggelar dan mensukseskan Festival Pesona Tanjung Lesung dan Rhino X-Tri. Perhelatan ini begitu istimewa dan strategis dalam mengenalkan tidak hanya pesona keindahan alam dan budaya tanah Banten yang memesona dan kaya ragamnya, namun juga olahraga cross triathlon bagi masyarakat Indonesia dan mancanegara. Banten memiliki 7 Wonders of Banten yang patut diperkenalkan kepada wisatawan domestik dan mancanegara. Dalam kesempatan baik ini, kami mengundang semua kalangan untuk hadir dan turut serta meramaikan event ini pada tanggal 22 – 24 September mendatang,” ujar Direktur Utama PT. Banten West Java dan pengelola kawasan Tanjung Lesung, Poernomo Siswoprasetijo. 

Lebih jauh, ia menjelaskan bahwa pada Festival Pesona Tanjung Lesung tidak hanya dimeriahkan oleh Rhino X-Tri, Sunset Trail Run, dan MTB XCM, tetapi Pemerintah Provinsi Banten dan Kabupaten Pandeglang secara khusus siap menggelar berbagai acara yang seru, unik dan menarik, seperti Festival Bebegig (orang-orangan sawah) dan Kolecer (kincir angin), bazaar kuliner khas Banten, pameran 7 Wonders of Banten, serta Pandeglang 10K. Tentu saja semua yang hadir juga dapat menikmati keindahan pantai Tanjung Lesung sambil bermain standup paddle board, kayak, dan joy sailing.

Seluruh rangkaian acara ini akan berlangsung di sekitar kawasan Beach Club Tanjung Lesung. Ajang Rhino X-Tri yang menjadi gelaran cross triathlon (triathlon off-road) pertama di Indonesia mendapat dukungan dari berbagai pihak yang memiliki perhatian dan antusiasme tinggi terhadap olahraga triathlon di Indonesia maupun di mancanegara.

“Saya sangat merekomendasikan semua orang untuk ikut mencoba tantangan seru di Rhino X-Tri, ajang besar off road triathlon pertama di Indonesia. Selain off road triathlon, para penggila lari dapat berpartisipasi di Sunset Trail Run, sementara untuk atlet sepeda dapat berkompetisi di Mountain Bike Cross Country Marathon (MTB XCM)," ucap Founder dan General Manager Asia Trail Master, Kris Van de Velde.

Sementara itu, Abdoullah Mitiche, atlet trail run berkebangsaan Aljazair, ikut berkomentar bahwa Rhino X-Tri, Sunset Trail Run dan MTB XCM pasti menawarkan suatu tantangan yang luar biasa karena dihelat di Tanjung Lesung, serta kesempatan ini adalah yang pertama kali di Indonesia. Sepulang dari kejuaraan Iron Man Race di Tennessee, Amerika Serikat, dirinya akan segera mempersiapkan diri untuk kejuaraan di Tanjung Lesung ini.

“Rhino X-Tri adalah ajang yang luar biasa. Kami mengajak masyarakat, khususnya penggemar olahraga berenang, sepeda, dan lari untuk ikut berpartisipasi dan menjadi bagian dari sejarah. Keikutsertaan peserta di ajang yang pertama kali ini bukan hanya memberikan kesempatan untuk meningkatkan skill dan kemampuan untuk menaklukan beragam lanskap, namun juga kesempatan untuk menikmati keseruan dan tantangan yang ada sesuai dengan passion yang dimiliki masing-masing peserta,” kata Event Director Rhino X-Tri, Tense Manalu.

Dia kemudian menjelaskan lebih rinci bahwa Rhino X-Tri terbagi dalam dua kategori, yaitu Rhino dan Bull yang dibedakan berdasarkan jarak lomba. Di kategori Rhino, terdiri dari 2 sub-kategori yaitu individu yang terbagi dalam kelas Open (untuk peserta berumur 20-39 tahun) dan Master (Untuk peserta berumur 40 tahun keatas), serta Team Relay melombakan nomor-nomor berupa 1000 meter renang, 20 kilometer balap sepeda, dan 10 kilometer balap lari lintas alam.

Sementara itu, untuk kategori Bull hanya terbagi dalam satu kategori yaitu Individu dengan 2 sub-kategori yaitu Open dan Master. Kompetisi terbagi menjadi 500 meter renang, 10 kilometer balap sepeda, dan 5 kilometer balap lari lintas alam. Di kelas relay, para atlet olahraga di tiga cabang itu dapat bekerja sama dalam sebuah tim untuk menjalani lomba. Peserta dalam satu tim terdiri dari dua hingga tiga orang.

Para pegiat olahraga renang, lari, dan sepeda, atau triathlon, ayo menjadi bagian dari sejarah dan tantangan seru. Segera daftarkan diri Anda melalui website www.rhinoxtriathlon.com


(*)