Farhat Abas Konfirmasi Nama Anggota DPR yang Tekan Miryam

Oleh Fachrur Rozie pada 04 Sep 2017, 18:16 WIB
Diperbarui 04 Sep 2017, 18:16 WIB
Farhat Abbas
Perbesar
Farhat Abbas usai menjalani pemeriksaan di Gedung KPK, Jakarta, Rabu (26/4). (Liputan6.com/Helmi Afandi)

Liputan6.com, Jakarta - Pengacara Farhat Abbas menyebut Miryam S Haryani pernah bercerita ke Elza Syarief mengenai anggota DPR yang menekan untuk mencabut berita acara pemeriksaan (BAP). Nama-nama yang diduga menekan Miryam dikonfirmasi hakim."Elza pernah cerita ke Anda ya, anggota DPR tekan Miryam. Namanya Djamal, Akbar Faizal, Markus Nari, Setya Novanto dan Chairuman. Itu benar?" tanya hakim kepada Farhat saat bersaksi dalam sidang Miryam di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor), Jakarta Pusat, Senin (4/9/2017)."Iya, benar pernah mendengar dari Bu Elza. Kalau Akbar Faizal itu soal lain," jawab Farhat sidang pemberian keterangan palsu dengan terdakwa Miryam S Haryani.

Farhat selanjutnya mengungkap alasan Miryam mencabut berita acara pemeriksaan (BAP) dirinya dalam penyidikan di persidangan megakorupsi proyek e-KTP. Farhat mengaku tahu hal tersebut juga dari koleganya, pengacara Elza Syarief.

Menurut Farhat, Miryam mencabut BAP karena politikus Partai Hanura tersebut diduga sebagai pihak yang membagi-bagikan uang korupsi e-KTP kepada anggota DPR.

"Jadi mereka (anggota DPR) berpikir kalau ini semua dicabut, putus semua. Karena yang mengetahui aliran dana dan kepada siapa dibagikan itu Ibu Miryam," ujar Farhat.

Dengan dicabutnya BAP Miryam, para anggota DPR merasa terselamatkan dari dugaan penerimaan uang korupsi e-KTP. Farhat juga mengatakan, Miryam tak merasa tertekan dengan penyidik KPK, tetapi tertekan oleh anggota DPR.

"Justru kalau cerita Bu Elza, Bu Yani (Miryam S Haryani) enggak tertekan sama KPK. Justru tertekan sama teman-teman di Dewan," kata Farhat.

Menurut dia, Miryam pernah mendatangi kantor Elza untuk membicarakan kasus e-KTP. Kala itu, Miryam sempat mengutarakan niatnya mencabut BAP dan dilarang oleh Elza Syarief.

"Niat itu (mencabut BAP) sudah ada. Tapi dinasihati jangan. Bu Elza bilang jangan cabut BAP kepada Bu Yani," kata Farhat.

Saksikan video menarik berikut: 

 

2 dari 2 halaman

Istri Setya Novanto

 

Pada kesaksian sebelumnya, Farhat Abbas juga membongkar adanya pertemuan istri Ketua DPR Setya Novanto dengan pengacara Elza Syarief. Farhat mengatakan, pertemuan tersebut berdasarkan permintaan istri Setya Novanto. Dia mengaku, Elza sendiri yang menceritakan hal itu kepadanya.

"Istrinya Ketum (Ketua Umum) Golkar ingin bertemu saja. Ketemu dengan Ibu Elza," ujar Farhat di Pengadilan Tipikor, Jakarta Pusat, Senin (4/9/2017).

Namun, Farhat tak merinci nama istri Ketua Umum Partai Golkar tersebut. Diketahui, Setya Novanto dua kali menikah. Istri pertamanya bernama Luciana Lily dan telah bercerai, sementara yang kedua Destri Astriani Tagor.

Lanjutkan Membaca ↓