Sukses

Lempar Jumrah, Pemerintah Arab Saudi Siapkan Kereta Listrik untuk Jemaah Haji

Pemerintah Arab Saudi siapkan kereta listrik untuk memudahkan para jemaah haji melaksanakan lempar jumrah.

Liputan6SCTV, Mekkah - Untuk memudahkan mengatur arus jemaah untuk melempar jumrah, berbagai cara dilakukan panitia haji Arab Saudi. Salah satunya menggunakan kereta listrik yang akan membawa jemaah dari selatan ke lokasi pintu jamarat di sisi barat.

Seperti ditayangkan Liputan6 Siang SCTV, Minggu (3/9/2017), melalui sebuah jembatan bagi pejalan kaki, jemaah akan tiba di peron Stasiun Mina 3. Jembatan dengan lebar belasan meter ini cukup nyaman untuk dilalui. Apalagi dilengkapi fasilitas pendingin ruangan.

Bagi orang tua dan jemaah berkebutuhan khusus, ada jalur khusus dengan mobil elektrik yang akan mengantar sampai ke pintu peron stasiun.

Petugas berjaga di sepanjang peron mengatur penumpang agar tidak berdesakan di dalam kereta. Sebanyak 12 gerbong dalam satu rangkaian, tentunya kereta bisa mengangkut banyak penumpang dalam sekali jalan.

Namun hanya jemaah dari negara tertentu saja yang bisa menumpang kereta ini. Sebab ada biaya yang harus dibayar antara pemerintah negara asal jemaah kepada pemerintah Arab Saudi.