Sukses

Toleransi Antarumat Beragama Saat Idul Adha di Bali

Toleransi antarumat beragama terasa saat perayaan Idul Adha di Denpasar, Bali.

Liputan6.com, Jakarta - Pelaksanaan salat Idul Adha di Lapangan Blang Padang Banda Aceh tak hanya diramaikan oleh warga setempat, melainkan juga oleh sejumlah wisatawan muslim asal Malaysia. Selain merayakan Idul Adha di Banda Aceh, para wisatawan muslim Malaysia ini juga melakukan ibadah kurban di Banda Aceh. Informasi ini mengawali Kilas Indonesia yang ditayangkan Liputan6 Petang SCTV, Jumat (1/9/2017).

Di Surabaya, ribuan umat Islam memadati Masjid Agung Al Akbar menjalankan salat berjamaah di hari Lebaran Haji bersama. Usai salat, Gubernur Jawa Timur menyerahkan sapi kurban bantuan Presiden Jokowi kepada pengurus masjid. Rencanannya, hewan kurban berupa 23 ekor sapi dan 60 ekor kambing akan disembelih di hari Sabtu besok.

Selain itu, toleransi antar umat beragama sangat terasa saat perayaan Idul Adha di Kawasan Padang Gria, Denpasar Barat, Bali. Pembagian daging kurban tidak hanya diperuntukan bagi umat muslim, namun juga dibagikan kepada umat agama lain. Kebiasaan yang telah dilakukan bertahun-tahun ini mampu menjaga toleransi dan kerukunan umat di kawasan ini.

Sementara itu, awan tebal yang di sertai angin kencang serta hujan gerimis di Kota Merauke membuat sejumlah lapangan yang di jadikan tempat salat Idul Adha sepi. Tahun ini jumlah hewan kurban yang diperoleh panitia, sapi 270 ekor dan kambing 90 ekor.