Sukses

Kerap Antre Panjang, Jemaah Keluhkan Fasilitas Toilet di Arafah

Sebagian besar jemaah mengeluhkan terbatasnya jumlah toilet termasuk tempat berwudhu di Arafah. Terutama saat berebut ke toilet.

Liputan6.com, Arab Saudi - Terbatasnya fasilitas seperti toilet dan tempat wudhu di Arafah dikeluhkan sebagian jemaah yang kini sedang menjalankan rangkaian rukun haji, yaitu wukuf.

Lebih dari 2 juta umat muslim Indonesia sedunia kini berkumpul di Arafah, Mekah, untuk melaksanakan wukuf sebagai rangkaian ibadah haji. Para jemaah akan memanfaatkan waktu sepajang zuhur hingga menjelang magrib untuk memanjatkan doa di waktu yang sangat mustajab ini.

Seperti ditayangkan Liputan6 Petang SCTV, Kamis (31/8/2107), pemerintah setempat sudah mempersiapkan seluruh fasilitas untuk jemaah. Termasuk kebutuhan air dan toilet.

Namun sebagian besar jemaah mengeluhkan terbatasnya jumlah toilet termasuk tempat berwudhu. Namun antrean panjang kerap terjadi, terutama saat sebagian besar jemaah berebut ke toilet.

Usai melakukan wukuf, malam nanti dijadwalkan seluruh jemaah calon haji akan melanjutkan perjalanan ke Musdalifah untuk mabit atau bermalam. Sebelum melanjutkan rangkaian ibadah haji, yaitu lontar batu atau jumrah, thawaf, dan tahalul.