Sukses

Puncak Mudik Iduladha di Tangerang-Merak Terjadi Malam Ini

Jika terjadi penumpukan kendaraan pada mudik Iduladha, rekayasa lalu lintas akan dilakukan.

Liputan6.com, Serang - Puncak arus mudik Iduladha 1438 Hijriah di jalan tol Tangerang-Merak diprediksi akan terjadi malam nanti. Kendaraan akan mengalami kenaikan mencapai 6 persen dari rata-rata harian atau menjadi 346.668 kendaraan periode 1 sampai 3 September 2017.

"Puncak lalu lintas terjadi pada tanggal 31 Agustus 2017," ujar Kepala Divisi Hukum dan Humas PT Marga Mandala Sakti (MMS) pengelola tol Tangerang-Merak, Indah Permanasari, saat dikonfirmasi melalui sambungan selularnya, Kamis (31/08/2017).

Pada saat Iduladha, arus lalu lintas diprediksi akan lengang dan kembali ramai pada sore harinya, Jumat 1 September 2017, terutama ke arah Jakarta.

"Libur panjang selama tiga hari ini dimanfaatkan masyarakat untuk silaturahmi dan wisata," jelas dia.

Dia menjelaskan, guna menghadapi momen libur hari raya Iduladha, sebanyak 87 gardu akan dioptimalkan untuk melayani transaksi, terdiri atas 30 gardu entrance, 51 gardu exit, dan 6 gardu ramp.

MMS juga memaksimalkan Gardu Tol Otomatis (GTO) sebanyak 21 gardu yang terdiri atas 11 gardu entrance, 8 gardu exit, dan 2 gardu ramp. Mengantisipasi antrean di gerbang-gerbang masuk, petugas akan melakukan pembagian Kartu Tanda Masuk (KTM) dengan sistem jemput kendaraan.

"Kami kembali memberikan potongan tarif tol sebesar 10 persen bagi pengguna uang elektronik e-Money, e-toll (Bank Mandiri), Tapcash (BNI), Brizzi (BRI) dan Blink (BTN) selama 7 hari pada tanggal 28 Agustus sampai 3 September 2017," kata Indah.

 

Saksikan video di bawah ini:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Rekayasa Lalu Lintas

Indah mengatakan, jika terjadi penumpukan kendaraan, maka rekayasa lalu lintas akan dilakukan.

Jika terjadi peningkatan kendaraan di Gerbang Tol Serang Timur baik Entrance maupun Exit dengan antrean melewati batas aman, maka lalu lintas akan dialihkan Exit Serang Barat.

Demikian halnya bila terjadi di Gerbang Tol Cilegon Timur maka kendaraan akan dialihkan Exit Cilegon Barat. Gerbang Tol Entrance Merak dari Gerbang Tol Cilegon Barat, sedangkan Gerbang Exit Merak dipersiapkan menerima pengalihan kendaraan Exit Cilegon Barat dan Cilegon Timur.

Jika konsumen tol membutuhkan bantuan di dalam tol Tangerang-Merak, maka dapat menghubungi call center 0254-20 78 78 dan Bebas Pulsa 0 800-1 77 78 79.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.