Sukses

Ini Penyebab Gangguan Satelit Telkom 1

Akibat Satelit Telkom 1 terganggu, ribuan ATM belum dapat digunakan. Masalah diduga akibat tidak terkoneksinya jaringan data bank.

Liputan6.com, Jakarta - Gangguan pada satelit Telkom 1 hingga hari ini masih menyebabkan layanan ribuan anjungan tunai mandiri (ATM) di sejumlah bank belum dapat digunakan para nasabah.

Seperti ditayangkan Liputan6 Petang SCTV, Selasa (2982017), sebuah swalayan di kawasan Tipar, Cakung, Cilincing dan di Jalan Kramat Jaya, Koja, para nasabah terpaksa mengurungkan niatnya untuk bertransaksi melalui ATM.

Gangguan mesin ATM juga dikeluhkan nasabah di Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Mereka tak dapat berbuat banyak kecuali berharap kondisi ini segera dibenahi.

Enam hari lalu, sejumlah mesin ATM tidak berfungsi sejak satelit Telkom 1 mengalami gangguan. Sejumlah mesin ATM sudah kembali normal, kecuali ATM BCA yang masih belum dapat digunakan. Informasi terkait gangguan ditemukan pada secarik kertas yang ditempel pada masing-masing ATM.

Masalah ini diduga akibat tidak terkoneksinya jaringan data bank dengan satelit Telkom 1 yang terganggu sejak 25 Agustus lalu.

Selain meminta maaf atas gangguan yang terjadi pada ribuan mesin ATM, PT Ttelkom Indonesia sebagai pengelola satelit Telkom 1 terus mengupayakan jalan keluar.

Satelit Telkom 1 diluncurkan ke angkasa, pada 4 Agustus 2000, tepatnya 18 tahun lalu. Masa operasi satelit Telkom optimalnya hanya 15 tahun. Namun bisa terus digunakan beberapa tahun setelahnya untuk melayani telekomunikasi antarpulau di Indonesia.