Sukses

Dalami Peran Setnov di Kasus E-KTP, KPK Periksa Taufiq Effendi

Penyidik KPK juga akan mendalami penerimaan aliran dana korupsi kepada Taufiq Effendi.

Liputan6.com, Jakarta - Penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terus mendalami peran Ketua DPR RI Setya Novanto dalam korupsi megaproyek e-KTP. Terkait hal tersebut, penyidik menjadwalkan pemerikaan terhadap mantan Wakil Ketua Komisi II DPR RI Taufiq Effendi.

"Yang bersangkutan akan dimintai keterangan untuk melengkapi berkas SN (Setya Novanto)," ujar Juru Bicara KPK Febri Diansyah saat dikonfirmasi, Selasa (29/8/2017).

Selain akan mendalami peran Ketua Umum Partai Golkar dalam bancakan proyek yang merugikan negara hingga Rp 2,3 triliun itu, penyidik KPK juga mendalami penerimaan aliran dana korupsi kepada Taufiq.

Dalam dakwaan dan tuntutan terhadap dua mantan pejabat Ditjen Dukcapil Kemendagri Irman dan Sugiharto, Taufiq disebut menerima USD 108 ribu. Namun mantan Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara era Presiden SBY itu selalu membantah.

Selain Taufiq, penyidik juga akan memeriksa PNS Ditjen Dukcapil Kemendagri Fajar Kurniawan dan pihak swasta Toni.

"Keduanya juga akan diperiksa sebagai saksi untuk tersangka SN," kata Febri.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Taufiq Effendi Membantah

Mantan Anggota DPR periode 2009-2013, Taufiq Effendi, membantah ikut pertemuan yang membahas tentang proyek e-KTP. Hal tersebut disampaikan Taufiq usai diperiksa sebagai saksi untuk Andi Agustinus alias Andi Narogong.

"Ternyata saya tidak pernah datang di pertemuan itu, karena saya tidak ada. Tidak ikut pertemuan itu," kata Taufiq.

Dalam perkara korupsi e-KTP ini, Irman dan Sugiharto sudah divonis masing-masing tujuh dan lima tahun penjara. Namun KPK naik banding atas materi vonis tersebut. Sebab, banyak nama anggota DPR yang menerima uang bancakan hilang dalam vonis tersebut.

Irman dan Sugiharto terbukti melakukan kerugian negara hingga Rp 2,3 triliun atas perkara ini. Perbuatan Irman dan Sugiharto tersebut dilakukan secara bersama-sama, salah satunya dengan Setya Novanto.

Dalam persidangan kasus tersebut, nama Setya Novanto berkali-kali disebut sebagai kunci anggaran DPR.

 

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini