Sukses

Gangguan Satelit, Mesin ATM Sejumlah Bank Masih Lumpuh

Mesin ATM sejumlah bank masih lumpuh akibat gangguan satelit telkom-1 hingga Senin pagi.

Liputan6.com, Jakarta - Gangguan satelit milik Telkom yang terjadi sejak 25 Agustus, berdampak pada tidak berfungsinya jaringan mesin anjungan tunai Mandiri.

Hingga Senin, (28/8/2017) pagi, ATM sejumlah bank yang tersebar di beberapa lokasi di Jakarta utara masih lumpuh. Seperti di beberapa minimarket di kawasan Koja dan Tanjung Priok.  Akibatnya nasabah tidak bisa bertransaksi dan kebingungan.

Seperti ditayangkan Liputan6 Petang SCTV, Senin (28/8/2017), akibat gangguan satelit Telkom-1 yang terjadi akhir pekan lalu, 5.700 mesin ATM BCA dari total 17 ribu mesin mengalami gangguan. Pihak BCA  membutuhkan waktu 2 hingga 3 pekan agar semua mesin ATM normal kembali.

Nasabah akan diberikan kompensasi dengan menggratiskan biaya tarik tunai dari mesin ATM bank lain hingga satelit kembali normal.

Sementara itu, Bank Mandiri menargetkan pelayanan ATM kembali normal Rabu esok. Hampir 500 ATM atau 13 persen dari ATM Bank Mandiri terganggu akibat gangguan satelit ini dan pihak bank mengantisipasi dengan 5 provider yang berbeda.

Karena satelit Telkom 1 sudah uzur, agar tidak mengganggu pelayanan, Menkominfo meminta kepada para operator agar memiliki cadangan satelit.