Sukses

Peternak di Jombang Tawarkan Kambing Kurban yang Harum

Masalah bau kambing kerap membuat pengunjung yang hendak mencari hewan kurban merasa tidak nyaman.

Fokus, Jombang - Idul Adha segera tiba. Para peternak berlomba-lomba memberikan perawatan khusus kepada hewan ternaknya agar lebih laku dijual di pasaran. Di Jombang, Jawa Tengah, mereka menawarkan kambing kurban yang wangi.

Seperti ditayangkan Fokus Indosiar, Jumat (25/8/2017), masalah bau kambing kerap membuat pengunjung yang hendak mencari hewan kurban merasa tidak nyaman. Untuk itu, selain perawatan pangan, hewan kurban juga perlu dimandikan.

Jika biasanya harga kambing kurban di pasaran berkisar Rp 2 juta per ekor, dengan perawatan khusus ini, sang peternak mengaku mampu menjual hingga dua kali lipat harga di pasaran.

Sementara di Banjarnegara, Jawa Tengah, meski tak dimandikan secara rutin, ada jenis kambing yang tetap diburu masyarakat, yakni dombat atau domba khas batur.

Sepintas hampir sama dengan domba lainnya, tapi jika diperhatikan seksama domba yang dikembangkan di area pegunungan ini memiliki ukuran kaki yang lebih pendek namunlebih gemuk dan besar. Bahkan satu ekornya ada yang mencapai berat lebih dari 1 kwintal.

Jelang Idul Adha penjualan dombat bisa meningkat dua kali lipat dari domba jenis biasanya. Harga domba yang dikenal dagingnya empuk ini di mulai dari Rp 6 juta hingga Rp 10 juta.