Sukses

JK Ungkap Isi Pertemuan SBY dan Megawati di Istana

JK mengatakan, pertemuan antara SBY dan Megawati bisa menenangkan situasi politik di Tanah Air.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden ke-5 RI Megawati Soekarnoputri dan Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono atau SBY bertemu di Istana Kepresidenan saat peringatan HUT ke-72 RI. Kedua tokoh ini terlihat akrab.

Keduanya mengikuti pertemuan di Kredensial Palace yang juga diikuti Presiden Jokowi dan Ibu Negara Iriana, Wakil Presiden Jusuf Kalla dan istrinya Mufidah Kalla, Presiden ketiga RI BJ Habibie dan istri SBY, Ani Yudhoyono.

Jusuf Kalla menuturkan, dalam pertemuan pada Kamis, 17 Agustus itu hanya ramah tamah. Dia tidak membicarakan detail pertemuan.

"Oh itu biasa saja, ramah tamah. Tidak membicarakan substansi. Hanya ramah tamah," kata dia di Kompleks Parlemen, Jakarta, Jumat (18/8/2017).

Presiden RI Joko Widodo (keenam dari kiri) foto bersama dengan mantan Presiden dan Wakil Presiden RI di Istana Merdeka sesudah Upacara HUT Kemerdakaan RI ke 72 di Istana Merdeka, Kamis (17/8). (Liputan6.com/via Anung Anindhito)

Pria yang kerap disapa JK ini mengatakan, kedatangan SBY pertama kali mengikuti upacara HUT ke-72 RI usai tidak lagi menjabat presiden, melambangkan persatuan para pemimpin di Tanah Air.

"Tentu ini kan kita berbicara tentang persatuan kita, bahwa kita berbeda-beda secara politik, tapi secara tujuan, ideologi negara tetap kita satu," ujar dia.

JK mengatakan, pertemuan itu juga akan menenangkan situasi politik. "Otomatis, politik itu selalu ada perbedaan-perbedaan cara, tapi tujuan tidak," JK menandaskan.

SBY akhirnya hadir pada upacara Hari Kemerdekaan di Istana Merdeka, Jakarta, tahun ini. Dia didampingi istrinya, Ani Yudhoyono.

Ketika hadir di Istana, SBY bertemu dengan Megawati yang didampingi putrinya, Menko PMK Puan Maharani. Keduanya bersalaman dan terlihat akrab. Senyum mengembang menghiasi wajah para mantan presiden Indonesia itu setelah lama tidak saling bertemu dalam acara kenegaraan.

 

Saksikan video di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Dr.(H.C.) Hj. Dyah Permata Megawati Setyawati Soekarnoputri adalah Presiden Indonesia ke 5 periode  23 Juli 2001 — 20 Oktober 2004.
    Dr.(H.C.) Hj. Dyah Permata Megawati Setyawati Soekarnoputri adalah Presiden Indonesia ke 5 periode 23 Juli 2001 — 20 Oktober 2004.

    Megawati

  • SBY