Sukses

Mengenal Lebih Dekat Pohon Sukarno di Kota Mekah

Saat ini pohon mindi atau Pohon Sukarno ini menghiasai Padang Arafah yang memiliki luas 3,5 X 3,3 kilometer di sepanjang jalan.

Liputan6.com, Mekkah - Padang Arafah akan segera menjadi lautan umat muslim dari seluruh dunia. Namun di tempat ini ada pohon yang disebut masyarakat arab dengan nama Presiden Pertama Republik Indonesia Sukarno.

Seperti ditayangakan Fokus Pagi Indosiar, Senin (14/8/2017) pohon ini disebut dengan pohon mindi yang memiliki nama latin Melia Azedarah. Pohon ini disebut Pohon Sukarno karena pada tahun 1960-an Bapak Proklamator Indonesia yang akrab dipanggil Bung Karno itu memberikan bibit pohon mindi kepada Raja Arab Saudi saat itu, Khalid bin Bin Abdul Aziz.

Kala itu Bung Karno tengah melaksanakan ibadah haji di Padang Arafah. Ia mendapati hamparan tanah berpasir sangat gersang di tengah-tengah cuaca yang sangat panas. Pada siang hari suhu di Kota Mekah bisa mencapai 50 derajat celcius.

Oleh karena itu, Bung Karno memberikan saran agar ditanam pohon yang kuat dalam kondisi panas dan gersang. Bung Karno kemudian memberikan bibit pohon mindi yang dapat bertahan hidup dalam kondisi panas ekstrim.

Saat ini pohon mindi atau Pohon Sukarno ini menghiasai Padang Arafah yang memiliki luas 3,5 X 3,3 kilometer terlihat berjejer di sepanjang jalan.

Â