Sukses

Begini Kondisi Anggota TNI Pemukul Polisi Selama di Tahanan

Dalam video itu, anggota TNI terlihat menempeleng polisi yang memakai helm dan juga menendang sepeda motornya.

Liputan6.com, Jakarta - Serda Nopriadi Wira Sinaga, anggota TNI yang memaki dan memukul seorang anggota polisi lalu lintas, Bripka Yoga, di Pekanbaru, Riau telah ditahan.

Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo menjelaskan, Serda Wira tetap akan diproses hukum walaupun menderita gangguan jiwa. TNI , kata dia, tidak akan mengeluarkan atau memecat anggota tanpa proses hukum.

"Nanti hukum yang akan menentukan bagaimana," kata Gatot di Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Jakarta, Jumat (11/9/2017).

Serda Wira Sinaga ditempatkan di sel isolasi di ruang tahanan Detasemen Polisi Militer Kota Pekanbaru. Dia ditahan Polisi Militer usai memukuli anggota Satlantas Polresta Pekanbaru, Bripda Yoga Vernando, di Jalan Jenderal Sudirman, Kota Pekanbaru, Kamis siang, 10 Agustus 2017.

Anggota TNI Serda Wira Sinaga yang memukul anggota polisi ternyata mengidap gangguan jiwa (Liputan6.com/ M Syukur)

Komandan Korem Wirabima Brigjen TNI Abdul Karim mengatakan, Serda Wira mulai menunjukkan kelakuan aneh, sehingga didiagnosis depresi oleh dokter di TNI AD setelah ditugaskan di Papua.

"Pada tahun 2012 sampai 2013 ditugaskan di Papua‎. Sekitar akhir tahun 2013 pulang dan kemudian pada 2014 sudah mulai sakit," kata pria berbintang satu di pundaknya ini di Markas Detasemen Polisi Militer AD di Jalan Ahmad Yani, Pekanbaru. 

Anggota TNI Serda Wira Sinaga memukul polisi mengalami gangguan jiwa (Liputan6.com/ M Syukur)

Sebelumnya, video berdurasi 60 detik mendadak viral di media sosial, Kamis, 10 Agustus 2017 malam. Video itu memperlihatkan seorang aparat berbaju dinas hijau mengamuk dan menghardik anggota Polisi Lalu Lintas Polresta Pekanbaru, Riau, yang juga memakai baju dinas serta berompi hijau.

Tidak jelas apa yang dikatakan oleh anggota TNI AD yang mengenakan baju dinas hijau itu. Namun, dalam video itu dia terlihat menempeleng sang polisi yang memakai helm dan juga menendang sepeda motornya.

 

Saksikan video di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.