Sukses

Komnas PA Bentuk Tim terkait Tewasnya Pelajar SD di Sukabumi

Komisi Nasional Perlindungan Anak (Komnas PA) RI menyoroti kasus tewasnya pelajar kelas II SDN Lengkoweng, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat.

Liputan6.com, Sukabumi - Komisi Nasional Perlindungan Anak (Komnas PA) RI menyoroti kasus tewasnya pelajar kelas II SDN Lengkoweng, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. Siswa itu meninggal dunia akibat berkelahi dengan temannya.

"Kasus ini harus diungkap karena meninggalkan tanda tanya dan misteri, sehingga penyebab kematian SR bisa terungkap," kata Ketua Umum Komnas PA Arist Merdeka Sirait dalam siaran persnya, seperti dilansir Liputan6.com dari Antara, Kamis (10/8/2017).

Dia menyayangkan pernyataan Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Kabupaten Sukabumi Abdul Rachman yang terburu-buru membuat kesimpulan terkait meninggalnya SR, pelajar di wilayah Kecamatan Cicantayan tersebut.

Pada pernyataannya, Kadisdik menyebutkan tidak ditemukan tanda-tanda pemukulan akibat benda tumpul di tubuh korban. Padahal pihak kepolisian belum melakukan autopsi.

Maka dari itu, demi keadilan bagi keluarga korban, Disdik setempat untuk meminta pertanggungjawaban dari pihak sekolah serta berkoordinasi dengan Polres Sukabumi untuk mengusut tuntas kematian RS.

"Kami menyayangkan dengan kesimpulan sepihak Kadisdik terkait kematian RS yang menyebutkan akibat riwayat kesehatan korban dan tidak ditemukan luka di tubuh korban. Bahkan bisa dikatakan pernyataan tersebut telah mendahului proses penyidikan," tambah Arist.

Dia mengatakan, untuk kepentingan terbaik anak dan membantu keluarga korban mengusut kematian RS, Komnas PA menurunkan Quick Investigator Tim Jabar ke Sukabumi.

Tim tersebut akan langsung menemui keluarga korban, sekolah dan pihak lain untuk menemukan bukti hukum yang nantinya diserahkan ke Polres Sukabumi sebagai bukti petunjuk untuk dikembangkan.

Saksikan video berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.