Sukses

Puluhan Ribu Jemaah Calon Haji Asal Indonesia Tiba di Mekkah

Puluhan ribu jemaah calon haji dari 27 kloter asal Indonesia telah tiba di Tanah Suci, Mekkah.

Fokus, Mekkah - Berdasarkan data sistem Informasi dan Komputerisasi Haji Terpadu atau SISKOHAT, total jemaah haji berangkat pada gelombang pertama yang berada di Kota Mekkah yakni sekitar 10.840 jemaah haji. Seperti ditayangkan Fokus Pagi Indosiar, Rabu (9/8/2017), jemaah calon haji Indonesia berada di 11 sektor, di enam wilayah di Kota Mekkah Al Mukarromah.

Jumlah ini akan terus bertambah, termasuk dari rencana pemberangkatan 14 kloter, yang akan dilakukan secara bergelombang pada Rabu pagi, 9 Agustus hari ini, hingga hari Kamis, 10 Agustus 2017 pukul 02.00 dinihari nanti, tiba di Arab Saudi.

Dari jadwal perjalanan haji Kementerian Agama tahun ini, akhir pemberangkatan gelombang kedua akan dilakukan pada 26 Agustus dari Tanah Air menuju Tanah Suci, Mekkah. Selanjutnya, jemaah haji akan menjalankan rukun haji yang diawali dengan wukuf di Arafah pada 31 Agustus mendatang.

Pemulangan gelombang pertama jemaah haji ke Tanah Air rencananya akan dimulai pada 6 September, dan akhir pemulangan jemaah haji dari Tanah Suci dijadwalkan pada 3 Oktober 2017 mendatang.