Sukses

Antusiasme Warga Menyaksikan Gerhana Bulan Parsial

Sejumlah warga di Lembang, Jawa Barat, antusias ingin menyaksikan fenomena alam gerhana bulan parsial.

Fokus, Bandung Barat - Fenomena alam gerhana bulan parsial atau sebagian, bisa disaksikan langsung masyarakat Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat, pada Selasa dinihari, 8 Agustus 2017. Warga yang sudah menunggu berjam-jam cukup antusias, sekaligus takjub dengan fenomena langka tersebut.

Seperti ditayangkan Fokus Pagi Indosiar, Selasa (8/8/2017), warga bisa mengamati langsung dengan mata telanjang atau menggunakan teleskop yang disediakan oleh para komunitas astronom di Imah Noong Lembang.

Tak hanya di Lembang, sebagian warga memanfaatkan salah satu rumah makan di kawasan Ciwidey, yang dianggap bagus untuk menyaksikan fenomena alam yang langka ini. Gerhana bulan parsial sendiri terjadi saat bulan mulai masuk ke bayangan penumbra bumi.

Sejak pukul 9 malam, sejumlah astronom dari berbagai daerah berkumpul di Imah Noong, Lembang, untuk melakukan pengamatan dengan menggunakan teleskop khusus buatan Jerman. Selain astronom, perwakilan dari Kementerian Agama Republik Indonesia pun hadir di lokasi yang berdekatan dengan Observatorium Bosscha.