Sukses

Ketua Umum MUI Ajak Umat Muslim Salat Gerhana Bulan

Gerhana bulan akan menghiasi sebagian langit Indonesia pada peralihan 7 ke 8 Agustus 2017.

Liputan6.com, Bogor - Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) KH Ma'ruf Amin mengajak umat Islam di seluruh Indonesia melakukan salat khusuful qamar atau gerhana bulan. Salat tersebut merupakan sunnah mua'kkad atau dianjurkan.

"Saya mengajak umat Islam yang daerahnya terlintasi gerhana melakukan salat, karena kita disunnahkan mengerjakannya," ujar Ma'ruf di Bogor, Senin (7/8/2017).

Menurut Rais 'Aam Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) ini, gerhana matahari maupun bulan merupakan fenomena alam sebagai bukti kekuasaan Allah. "Karenanya menyikapinya dengan zikir, ibadah, dan amal saleh," ucap Ma'aruf.

Ma'aruf menambahkan, peristiwa gerhana bulan dapat meningkatkan keimanan termasuk dengan menjalankan salat sunnahnya.

Gerhana bulan akan menghiasi sebagian langit Indonesia pada peralihan 7 ke 8 Agustus. Gerhana Bulan adalah peristiwa ketika terhalanginya cahaya Matahari oleh Bumi sehingga tidak semuanya sampai ke Bulan.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) melansir, gerhana dimulai pukul 22.48 WIB, Senin 7 Agustus. Gerhana sebagian dimulai pukul 00.22 WIB dini hari.

Puncak gerhana bulan diprediksi berlangsung pada pukul 01.20 WIB. Sebagian akan berakhir pada 02.18 WIB dan akan berakhir seluruhnya pada 03.52 WIB, Selasa 8 Agustus.

Saksikan video di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.