Pelepasliaran 12 Orangutan ke Alam Bebas

Oleh Arnaz Sofian pada 07 Agu 2017, 02:56 WIB
Diperbarui 07 Agu 2017, 02:56 WIB

Liputan6.com, Katingan - Yayasan Borneo Orangutan Survival bekerja sama dengan Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Kalimantan Tengah kembali melepasliarkan 12 orangutan. Pelepasliaran ke Taman Nasional Bukit Baka Bukit Raya di Kabupaten Katingan ini dilakukan dengan dua trip.

Seperti ditayangkan Fokus Malam Indosiar, Senin (7/8/2017), sebelumnya enam orangutan telah diberangkatkan pada Rabu lalu. Sementara sisanya dilakukan pada hari Minggu kemarin.

Sebanyak 12 orangutan yang dilepasliarkan terdiri dari delapan betina dan empat jantan. Hal ini bagian dari kampanye #OrangutanFreedom yang menargetkan melepasliarkan 100 orangutan ke hutan alami pada tahun 2017.

Dengan pelepasliaran 12 orangutan ini populasinya di Taman Nasional Bukit Baka Bukit Raya akan bertambah menjadi 59 ekor.

Saat ini masih terdapat 650 orangutan yang bersekolah hutan dan rehabilitasi di Yayasan Borneo Orangutan Survival di Nyaru Menteng.

Mayoritas orangutan yang masuk ke Yayasan Borneo Orangutan Survival adalah hasil serahan dan sitaan dari warga. Sementara sisanya merupakan orangutan yang berkonflik dengan manusia menyusul maraknya alih fungsi hutan menjadi lahan perkebunan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya