Sukses

Ingin Anggota Lebih Kreatif, Pramuka Ajarkan Pembuatan Video

Kwartir Nasional (Kwarnas) Gerakan Pramuka mengadakan pelatihan membuat video dengan menggunakan handphone.

Liputan6.com, Jakarta - Kwartir Nasional (Kwarnas) Gerakan Pramuka mengadakan pelatihan membuat video dengan menggunakan handphone. Ini merupakan kedua kalinya kwarnas melakukan pelatihan dalam menyambut Raimuna Nasional Gerakan Pramuka tahun 2017.

Andalan Nasional Kwarnas Pramuka Bidang Kominfo, Hariqo Wibawa Satria, mengatakan pelatihan ini bertujuan untuk melatih kemampuan Pramuka dalam membuat berbagai konten positif, terutama di sosial media.

"Gerakan Pramuka sebagai organisasi pendidikan nonformal memiliki jaringan struktur yang lengkap, harus ditopang dengan kemampuan individunya dalam memanfaatkan HP dan internet," ujar Hariqo di Balai Sarbini Taman Rekreasi Wiladatika Cibubur Jakarta Timur, Sabtu (5/8/2017).

Dia menjelaskan handphone dianggap alat komunikasi yang dianggap praktis dan efisien untuk membuat konten-konten ringan karena bisa memuat berbagai aplikasi.

"Kita ingin agar Pramuka jadi kreator konten, bukan sekedar penyebar konten. Tapi lebih dari itu, mereka bisa membuat konten yang memiliki nilai berita unik, menarik, dan inspiratif," terang dia.

Sementara itu, Andalan Nasional Kwarnas Bidang Kominfo Luqman Hakim Arifin menambahkan, pelatihan ini untuk membumikan semboyan Kwarnas yakni Setiap Pramuka adalah Kantor Berita.

"Rainas adalah acara nasional, diikuti 15.000 peserta. Maka, sebelum itu kita perlu melakukan persiapan untuk mensukseskan acara ini. Salah satunya dengan pelatihan pembuatan video, karena di Rainas ini nantinya banyak objek yang bagus untuk dibuatkan konten, baik video, foto maupun rilis atau berita," tandas dia.

Saksikan video berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.