Sukses

Nikmati Keajaiban Danau Dua Rasa di Berau

Danau Dua Rasa memiliki air danau yang bening dengan rasa tawar dan asin khas air laut.

Liputan6.com, Berau - Danau Dua Rasa. Begitulah warga menyebut danau cantik yang terletak di Labuan Cermin, Desa Labuhan Kelambu, Kecamatan Biduk-Biduk, Kabupaten Berau, Kalimantan Timur.

Seperti ditayangkan Fokus Sore Indosiar, Rabu (2/8/2018), disebut Danau Dua Rasa karena memang air danau yang bening itu punya rasa tawar dan asin khas air laut. Uniknya, kedua jenis air tidak saling bercampur.

Untuk sampai ke Danau Dua Rasa bisa ditempuh dengan perahu kelotok dari Desa Labuhan Kelambu. Butuh waktu 10 menit untuk sampai di lokasi danau yang konon pada masa lalu merupakan tempat mandi raja-raja Berau.

Kejernihan danau yang mempunyai kedalaman 4-12 meter itu seolah tanpa batas. Membuat gradasi air laut dan air tawar yang memisahkan kedua jenis air tersebut tampak nyata.

Berwarna biru pada bagian atas adalah air tawar. Sedangkan rasa asin yang datang dari air laut bisa ditemukan di bagian bawah yang berwarna hijau.

Banyak yang penasaran dengan danau dua warna dan dua rasa tersebut. Sehingga, selain mengambil foto-foto di dalam air yang sangat bening, banyak wisatawan yang menyelam hingga ke dasar danau untuk sekadar merasakan air asin dan kemudian merasakan air tawar pada permukaan air danau.

Untuk menjangkau sensasi danau unik nan cantik itu perjalanan yang ditempuh cukup panjang, mencapai 14 jam dari Kabupaten Berau dengan kendaraan darat. Sedangkan dari Pulau Derawan butuh waktu tiga jam menggunakan speedboat atau kapal cepat.

Walau jauh, tapi toh jumlah wisatawan yang datang ke Danau Dua Rasa terus meningkat dari tahun ke tahun. Semua terpikat dengan sang Danau Dua Rasa.