Sukses

Isak Tangis Warnai Keberangkatan Jemaah Calon Haji di Garut

Sebanyak 404 jemaah calon haji asal Garut, Jawa Barat, diberangkatkan ke Arab Saudi.

Liputan6.com, Garut - Sebanyak 404 jemaah calon haji asal Garut, Jawa Barat, diberangkatkan ke Arab Saudi di bawah rintik hujan. Isak tangis mewarnai kepergian rombongan ke Tanah Suci.

"Dengan ungkapan bismillahirohmannirrohim, kita lepas gelombang pertama jemaah haji asal Garut dengan selamat, semoga menjadi haji mabrur," ujar Wakil Bupati Garut Helmi Budiman, saat melepas keberangkatan jemaah di Pendopo Garut, Rabu (2/8/2017).

Helmi mengatakan, seluruh persiapan keberangkatan jemaah haji tahun ini berjalan lancar. Total 404 anggota jemaah dan enam petugas diberangkatkan.

"Alhamdulillah, semuanya dalam keadaan sehat tidak ada yang di-cancel, semoga diberikan kelancaran," ujarnya.

Tahun ini, total jemaah yang diberangkatkan dari Kabupaten Garut sebanyak 1.790 orang yang terbagi dalam lima kelompok terbang (kloter).

"Gelombang pertama hari ini adalah kloter ke-30, yang lengkap empat kloter, yang satu kloter ditambah dari daerah lain," kata dia.

Seperti tahun sebelumnya, ribuan sanak keluarga pengantar jemaah haji sudah memenuhi lapangan Masjid Agung alun-alun Garut sejak semalam. Mereka tampak berdesakan mendekati area pelepasan, meski penjagaan aparat cukup ketat bagi para pengunjung.

Namun hal tersebut tidak menghentikan keinginan para tamu pengantar jemaah yang berasal dari berbagai kecamatan di Garut itu untuk mendekat. Bahkan hujan yang turun tidak mengubah keinginan mereka yang sengaja menyaksikan upacara pelepasan keberangkatan jemaah haji hari ini.

Saksikan video di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.