Sukses

Sensasi Berenang Bersama Hiu Paus di Kalimantan Timur

Hiu paus biasa muncul ke permukaan untuk mencari makan sekitar pukul 08.00 hingga pukul 10.00 pagi.

Liputan6.com, Berau - Ikan hiu identik dengan hewan ganas. Tapi di lautan di wilayah perairan Tali Sayan, Kabupaten Berau, Kalimantan Timur, Anda justru bisa berenang bersama hiu paus.

Seperti ditayangkan Fokus Indosiar, Selasa (1/8/2017), meski bertubuh besar, ikan hiu paus justru dikenal jinak. Namun pengunjung dilarang untuk menyentuhnya. 

Ingin berenang bersama hiu paus? Dapat ditempuh lewat perjalanan laut dari pelabuhan di Pulau Derawan menuju wilayah Perairan Talisayan di Kabupaten Berau, Kalimantan Timur.

Hiu paus biasa muncul ke permukaan untuk mencari makan sekitar pukul 08.00 hingga pukul 10.00 pagi. Mereka akan menjawab panggilan nelayan yang secara sengaja memancing keluar dengan menebar ikan tembang ke laut. 

Meski bertubuh raksasa, ikan yang mampu menyelam hingga 1.000 meter dengan bobot mencapai 45 ton dan panjang mencapai 21 meter ini tidak termasuk satwa buas. Ikan yang memiliki nama latin Rhincodon Typus ini makanan utamanya hanya plankton dan larva atau ikan-ikan kecil.

Meski ikan hiu paus relatif jinak dan bersahabat dengan manusia, namun tetap para wisatawan perlu menjaga jarak aman sekitar m3 meter. Karena kibasan ekornya bisa membahayakan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.