Sukses

Landasan Terkelupas, Bandara Halim Perdanakusuma Ditutup 3 Jam

Corporate Secretary PT Angkasa Pura II Agus Hariyadi mengatakan ada lubang sebesar 2 x 2 meter di salah satu landasan.

Liputan6.com, Jakarta - Landasan Bandar Udara Halim Perdanakusuma Jakarta terkelupas. Akibatnya, bandara tersebut ditutup selama tiga jam.

Corporate Secretary PT Angkasa Pura II Agus Hariyadi mengatakan, ada lubang sebesar 2 x 2 meter di salah satu landasan.

"Ya, ditemukan adanya bagian run way connection G (di tengah-tengah) ada yang terkelupas. Run way Halim sudah cukup tua," ujar Agus ketika dihubungi Liputan6.com, Jakarta, Jumat (28/7/2017).

Menurut dia, akibat peristiwa ini, bandara ditutup tiga jam sejak pukul 09.00 WIB. Penutupan tersebut dilakukan untuk perbaikan landasan. Pukul 12.00 WIB, Bandara Halim kembali dibuka.

"Karena SOP itu langsung ditambal untuk pencegahan pendahuluan," kata Agus.

Penutupan ini berimbas pada pemberangkatan haji kloter 1. Pemberangkatan menggunakan pesawat Garuda Indonesia Boeing 777, yang mengangkut 316 jemaah.

Dia mengatakan, petugas sudah melakukan standar operasional prosedur yang berlaku. Setiap landasan selesai digunakan untuk lepas landas, terutama pesawat besar, petugas akan menginspeksinya.

"Agar tidak terulang, hari ini akan ada piket stand by selama musim haji. Siapkan personel, peralatan, gunakan pihak ketiga," tutur Agus.

Saksikan video ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.