Sukses

Jokowi Ingin Ada SMK Jurusan Animasi Spesialis Buat Meme

Presiden Jokowi bosan melihat jurusan pendidikan SMK di Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi bosan melihat jurusan pendidikan SMK di Indonesia. Dia mengusulkan adanya jurusan baru yang lebih kekinian, seperti jurusan khusus meme.

"Kenapa tidak dengan perkembangan zaman yang begitu sangat cepat ini, misalnya mengenai teknik ototronik, teknik pengelasan, teknik konstruksi, jurusan animasi, nanti spesialisnya buat meme," ujar Jokowi saat peluncuran Program Pendidikan Vokasi Industri Jawa Barat, di Cikarang, Jawa Barat, Jumat (28/7/2017).

Jokowi meminta Menteri Pendidikan dan Kebudayaan untuk memberdayakan seluruh SMK di Indonesia. Kurikulum untuk SMK juga seharusnya bisa lebih fleksibel dan mengikuti perkembangan zaman.

"Dari saya kecil sampai sekarang, jurusannya jurusan bangunan, jurusan listrik," ucap Jokowi.

Jurusan pendidikan untuk SMK seharusnya bisa lebih terfokus pada satu bidang dan keahlian. Dengan demikian, setiap siswa nantinya punya kompetensi yang mantap untuk satu bidang tertentu.

"Bisa saja langsung jurusan jendela, jurusan pintu di Jerman seperti itu. Kalau di sini kan tidak, umum saja," ucap Jokowi.

Saksikan video berikut ini:

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014

    Jokowi

  • SMK