Sukses

373 Petugas Haji Indonesia Daerah Mekah Diberangkatkan Hari Ini

Petugas haji dituntut untuk menjaga etika dan sopan santun, mengingat petugas haji merupakan duta bangsa.

Liputan6.com, Jakarta - Sebanyak 373 Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi 1438 H/2017 yang bertugas di daerah kerja (Daker) Mekah diberangkatkan menuju Arab Saudi hari ini.

Sebelum resmi dilepas, petugas melaksanakan upacara pelepasan di Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta Timur. Pelepasan petugas dipimpin Pelaksana Tugas (Plt) Dirjen PHU Kementerian Agama Nur Syam.

Dalam sambutannya, Nur Syam meminta seluruh petugas haji menjaga kesehatan, sehingga dapat melaksanakan tugas dan tanggung jawab dengan baik dan dapat melayani jemaah haji indonesia secara maksimal.

Petugas haji juga dituntut untuk menjaga etika dan sopan santun, mengingat petugas haji merupakan duta bangsa yang membawa nama besar Indonesia di kancah internasional melalui proses pelaksanaan ibadah haji.

"Sikap ego sektoral hendaknya dihilangkan ketika petugas haji telah berada di Tanah Suci, sehingga tidak ada perbedaan antara masing-masing petugas," kata Nur Syam, Kamis (27/7/2017).

Petugas haji Mekah akan diberangkatkan menggunakan pesawat Garuda melalui Terminal 3 Bandar Udara Soekarno Hatta Cengkareng pada pukul 11.50 WIB dan diperkirakan tiba di Bandara King Abdul Aziz Jeddah sekitar pukul 17.30 waktu Arab Saudi.

Petugas haji Daker Mekah nantinya akan ditempatkan di 11 sektor yang tersebar di Mekah dan satu sektor khusus di Masjidil Haram.

Sebelum diberangkatkan ke Tanah Suci, seluruh petugas haji Daker Mekah mengikuti kegiatan malam Muhasabah yang juga dihadiri sejumlah pejabat dari Kementerian Agama dan Kementerian Kesehatan Indonesia.

Petugas penyelanggara ibadah haji (PPIH) Arab Saudi 2017 M/ 1438 H daerah kerja Madinah dan Bandara Jeddah telah diberangkatkan menuju Arab Saudi pada Selasa 25 Juli 2017.

Petugas yang diberangkatkan hari ini terdiri atas 192 orang petugas dari Kementerian Agama dan 107 petugas kesehatan dari Kementerian Kesehatan.

Penyelenggaraan Haji 2017 ini menjadi tantangan berat bagi Petugas Haji Indonesia, setelah Indonesia menerima pengembalian kuota dan tambahan 10.000 jemaah haji pada tahun ini. Di lain pihak, jumlah petugas haji tidak berbanding dengan jumlah jemaah.

Saksikan video menarik di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.