Sukses

Gempa 4,8 SR Getarkan Bolaang Mongondow dan Gorontalo

Khusus masyarakat di daerah pesisir diimbau tidak terpengaruh isu, karena gempa yang terjadi tidak berpotensi tsunami.

Liputan6.com, Jakarta - Gempa 4,8 Skala Richter kembali mengguncang wilayah Kabupaten Bolaang Mongondow Utara, Sulawesi Utara dan Gorontalo. Hasil analisis BMKG menunjukkan, gempa terjadi pukul 02.25 WITA.

Lokasi gempa berada pada koordinat 0,74 Lintang Utara dan 123,27 Bujur Timur, tepatnya 18 km Tenggara Bolaang Mongondow Utara.

Guncangan gempa dirasakan masyarakat baik di Bolaang Mongondow Utara maupun Gorontalo. Berdasarkan laporan masyarakat di Gorontalo, getaran gempa berada pada skala intensitas II SIG-BMKG (IV MMI). Kendati demikian, hingga saat ini belum ada laporan adanya kerusakan.

Hingga laporan ini dibuat, tidak terjadi gempa susulan. Namun, masyarakat diimbau tetap tenang dan terus mengikuti arahan BPBD dan BMKG. Khusus masyarakat di daerah pesisir pantai diimbau agar tidak terpengaruh isu, karena gempa yang terjadi tidak berpotensi tsunami.

Ditinjau dari kedalaman hiposenternya, gempa berada di lokasi dangkal akibat aktivitas sesar lokal, sehingga mengakibatkan terjadinya deformasi batuan.


Saksikan video menarik di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Gempa adalah peristiwa bergetar atau bergoncangnya bumi karena pergerakan atau pergeseran lapisan batuan pada kulit bumi secara tiba‐tiba.

    Gempa

  • Gempa Gorontalo