Sukses

Polisi: Kualitas Sabu 1 Ton di Anyer Paling Bagus

Sabu 1 ton yang dirupiahkan mencapai 1,5 triliunan dan siap edar itu, rencananya akan dipasarkan di beberapa wilayah Jawa, terutama Jakarta.

Liputan6.com, Jakarta - Jajaran Polda Metro Jaya menggagalkan penyelundupan narkoba jenis sabu 1 ton di kawasan Pantai Anyer, Serang, Banten. Diketahui, sabu yang berasal dari Tiongkok itu kualitasnya paling bagus.

"Sabu yang kita temukan di Anyer itu kualitas satu (paling bagus)," ujar Direktur Reserse Narkoba Polda Metro Jaya, Kombes Nico Afinta, di kantornya, Jakarta, Jumat (14/7/2017).

Menurut Nico, sabu sebanyak itu jika dikonversi menjadi uang mencapai Rp 1,5 triliun. Rencananya, sabu akan dipasarkan di beberapa wilayah Jawa, terutama Jakarta. "Sabu itu sudah siap edar," tutur dia.

Dalam penangkapan itu, polisi berhasil meringkus empat orang yang merupakan warga negara Taiwan. Mereka berperan menyelundupkan  1 ton sabu ke Indonesia melalui jalur laut.

Keempat pelaku, yakni Lin Ming Hui (bos), Chen Wei Cyuan, Liao Guan Yu, dan Hsu Yung Li. Lin tewas ditembak polisi lantaran melawan saat ditangkap. Hsu sempat melarikan diri, tapi kurang dari 12 jam berhasil ditangkap saat menunggu bus.

Polisi juga tengah mendalami adanya kemungkinan keterlibatan WNI dalam kasus ini. Sejauh ini, polisi telah memeriksa pemilik Restoran 88 di kawasan Anyer yang pernah bertemu pelaku. Polisi juga memburu bandar yang mengatur penyelundupan ini.

"Kami cari pendananya (penyelundupan sabu 1 ton), bagaimana cara kapal yang mengantar bisa masuk ke sini," tandas Nico.

 

Saksikan video di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.