Sukses

JK: Waspadai Masuknya Senjata Ilegal Melalui Perbatasan

Dia mencontohkan bagaimana konflik Ambon, Poso, dan Aceh mendapatkan pasokan senjata dari negara tetangga.

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Presiden Jusuf Kalla atau JK meminta agar aparat keamanan mewaspadai masuknya senjata ilegal melalui perbatasan. Dia mencontohkan konflik di Ambon, Poso, dan Aceh yang mendapatkan pasokan senjata dari negara tetangga.

"Setiap kali ada masalah di Papua (Nugini), di Filipina, biasanya datang teman-temannya dari Indonesia. Tapi saat kita ada masalah di Ambon dan Poso, senjata-senjatanya ternyata datangnya dari Filipina. Ketika terjadi masalah di Aceh, ternyata senjata datang dari Thailand atau Malaysia," ucap JK di Hotel Arya Duta Jakarta, Rabu (12/7/2017).

Dia menegaskan, kesejahteraan perbatasan terpengaruh oleh faktor sosial dan keamanannya. Karena itu, perlu mengelola perbatasan itu dari berbagai aspek.

"Aspek sosial agar tetap terjadi hubungan antarwarga negara, aspek fisik dan perhubungan untuk efisiensi. Jangan lupa juga perdagangan perbatasan itu ekspor-impor. Mungkin enggak banyak, tapi itu menghidupi warga perbatasan," tegas JK.

JK menyatakan, bukan hanya perbatasan yang harus diperbaiki, tapi juga aspek sosial ekonomi negara dijaga agar perbatasan bisa maju.

"Agar tidak hanya bersaing dengan tetangga, tapi bisa ikut mendorong pertumbuhan bangsa kita," ujar JK.



Saksikan video di bawah ini:




* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.