Sukses

KPK Pastikan Kerja Sama dengan Polri Berjalan Baik

Polri, lanjut dia, juga selalu berkomunikasi dengan KPK ketika memiliki masalah saat menangani kasus korupsi.

Liputan6.com, Jakarta - Kepolisian Republik Indonesia (Polri) merayakan hari jadi ke-71. Berbagai permasalahan masih menjadi pekerjaan rumah yang harus diselesaikan, termasuk dalam hubungan kerja dengan KPK. Namun, KPK sendiri mengklaim hubungan KPK-Polri saat ini tak ada masalah.

Wakil Ketua KPK Laode M Syarief memastikan kerja sama Polri dan KPK tetap berjalan baik. Kerja sama yang sudah berjalan makin terlihat bersinergi serta terkoordinasi dalam menuntaskan kasus-kasus korupsi.

"Sinergi, misalnya saat ini untuk kasus-kasus korupsi secara otomatis yang ditangani Polri langsung masuk ke KPK. Kedua, hal-hal yang berhubungan dengan korupsi yang kecil, KPK menyerahkan ke Polri, khususnya ke Saber Pungli," kata Laode usai menghadiri HUT ke-71 Bhayangkara di kawasan Monas, Jakarta, Senin (10/7/2017).

Pertukaran informasi antara KPK dan Polri juga berjalan baik. Polri, lanjut dia, juga selalu berkomunikasi dengan KPK ketika memiliki masalah saat menangani kasus korupsi.

"Kalau ada informasi yang diterima KPK, tapi nilainya kecil, kami kirim ke Mabes Polri melalui Saber Pungli. Sebaliknya, kalau mereka menemukan kendala-kendala penanganan kasus korupsi banyak yang diinformasikan ke KPK," jelas Laode.

Dalam kesempatan itu, tak lupa Laode mengucapkan selamat kepada Polri. Dia mengaku punya harapan yang sama dengan Presiden Jokowi, yakni menginginkan Polri semakin profesional dan dicintai.

"Kami mengucapkan selamat HUT Polri, mudah-mudahan seperti yang dikatakan Presiden dan Pak Kapolri, Polri menjadi lebih profesional, lebih dicintai, dan lebih mantap ke depannya," pungkas dia.


Saksikan video di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.